Identifikasi pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafik materi titrasi asam basa siswa kelas XI IPA SMAN 1 Probolinggo / Gebby Aprina Tamara - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafik materi titrasi asam basa siswa kelas XI IPA SMAN 1 Probolinggo / Gebby Aprina Tamara

Tamara, Gebby Aprina (2015) Identifikasi pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafik materi titrasi asam basa siswa kelas XI IPA SMAN 1 Probolinggo / Gebby Aprina Tamara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tamara Gebby. A 2014. Identifikasi Pemahaman Konseptual Algoritmik dan Grafik Titrasi Asam Basa Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Probolinggo. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Effendy Ph.D. (2) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu M.Si. Kata-kata kunci pemahaman konseptual pemahaman algoritmik pemahaman grafik titrasi asam-basa. Titrasi asam basa merupakan salah satu materi yang kimia yang diberikan kepada siswa SMA dan MA. Untuk memahami materi titrasi asam basa diperlukan pemahaman konseptual algoritmik dan grafik. Oleh karena itu pembelajaran titrasi asam basa harus menekankan ketiga aspek tersebut. Kenyataannya pembelajaran titrasi asam basa di sekolah cenderung lebih menekankan pada pemahaman algoritmik pengukuran hasil belajar kognitif selama ini juga masih didominasi soal-soal yang berkaitan dengan pemahaman algoritmik. Hal ini menyebabkan pemahaman konseptual dan grafik siswa lebih rendah daripada pemahaman algoritmiknya. Berkaitan dengan itu maka perlu dilakukan penelitian mengenai pemahaman konseptual algoritmik dan grafik siswa pada materi titrasi asam basa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan membandingkan pemahaman pemahaman konseptual algoritmik dan grafik siswa pada materi titrasi asam basa. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Probolinggo berjumlah 5 kelas yang terdistribusi homogen. Sampel penelitian adalah kelas XI IA C dan XI IA F yang dipilih berdasarkan teknik random sampling. Data penelitian ini adalah skor kognitif hasil belajar yang berkaitan dengan pemahaman konseptual algoritmik dan grafik siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis berjumlah 27 soal pilihan ganda yang terdiri dari 9 soal konseptual 9 soal algoritmik dan 9 soal grafik. Hasil uji coba instrumen memberikan validitas isi sebesar 95 0% dan koefisien reliabilitas diukur dengan rumus Alpha Cronbach sebesar 0 725. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman algoritmik siswa adalah lebih tinggi dibandingkan pemahaman grafiknya. Pemahaman grafik siswa lebih tinggi dibandingkan pemahaman konseptualnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22148

Actions (login required)

View Item View Item