Analisis representasi hakikat sains dan ontologi sains pada buku pelajaran kimia SMA kelas X berbasis kurikulum 2013 di Kota Malang / Anggun Riftiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis representasi hakikat sains dan ontologi sains pada buku pelajaran kimia SMA kelas X berbasis kurikulum 2013 di Kota Malang / Anggun Riftiani

Riftiani, Anggun (2015) Analisis representasi hakikat sains dan ontologi sains pada buku pelajaran kimia SMA kelas X berbasis kurikulum 2013 di Kota Malang / Anggun Riftiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riftiani Anggun. 2014. Analisis Representasi Hakikat Sains dan Ontologi Sains Pada Buku Pelajaran Kimia SMA Kelas X Berbasis Kurikulum 2013 Di Kota Malang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si (II) Drs. Darsono Sigit M.Pd. Kata kunci Kurikulum Analisis Isi Hakikat Sains Ontologi Sains Buku Pelajaran Kimia SMA kelas X 12288 12288 12288 12288 Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran. Kurikulum ini nantinya dipergunakan untuk pembentukan silabus pedoman guru dan buku pelajaran. Buku pelajaran memiliki peran sangat penting dalam menerjemahkan kebijakan kurikulum dan dengan dimulainya pengimplementasian kurikulum 2013 ini buku pelajaran yang beredar diharapkan semakin mendukung siswa untuk lebih mandiri dan mudah menyesuaikan diri dengan perubahan sehingga isinya diharapkan sesuai dengan standar kementerian pendidikan dan kebudayaan diantaranya memiliki kebenaran isi penyajian sistematis penggunaan bahasa dan keterbacaan yang baik dan grafika yang fungsional. Pengukuran kualitas isi buku ini dapat dilakukan salah satunya dengan menganalisis kandungan hakikat sains dan ontologi sainsnya hakikat sains digunakan untuk mengerti sains dan mengatur obyek serta proses teknologi di kehidupan sehari-hari sedangkan ontologi sains mempunyai fungsi untuk membatasi masalah yang dikaji hanya pada masalah pada ruang jangkauan pengalaman manusia. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengupas buku melalui representasi isinya menurut tinjauan aspek-aspek hakikat sains dan ontologi sains yang paling banyak dimunculkan dan kesesuaiannya dengan kacamata hakikat sains dan ontologi sains. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Sumber data berasal dari buku pelajaran kimia SMA kelas X. Tahap penelitian terdiri atas tahap pemilihan buku yang dipilih berdasarkan banyak buku yang beredar dan digunakan di kota Malang yang kedua tahap pengumpulan data berisi analisis bab dan paragraf pemilihan penelaah kedua pencocokkan dengan indikator hakikat sains dan ontologi sains serta penghitungan intensitas kemunculan kutipan pada masing-masing aspek. Kemudian untuk hakikat sains masing-masing poin aspek diberikan skor dan diuji reliabilitasnya dengan reliabilitas Cohen-Cappa dengan melibatkan dua penelaah yang kemudian besar tingkat kesepakatannya diinterpretasikan ke tabel interpretasi koefisien Cappa. Untuk ontologi sains hanya dilihat jumlah kutipan yang dapat ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aspek hakikat sains yang paling banyak muncul adalah poin aspek hukum ilmiah dengan persentase kutipan sebesar 17 95% pada buku A dan 23 33% pada buku B 2) aspek ontologi sains yang paling banyak muncul adalah poin aspek konsep dengan jumlah kutipan sebanyak 39 buah pada buku A dan 41 buah pada buku B dan 3) representasi isi yang kurang sesuai dengan hakikat sains dan mendapatkan skor paling rendah sebesar -3 adalah poin aspek mitos metode ilmiah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22147

Actions (login required)

View Item View Item