Pengembangan bahan ajar pada pokok bahasan hukum dasar kimia berbasis learning cycle 5E berdasarkan kurikulum 2013 untuk kelas X SMA/MA / Megan Yesey Oktafiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pada pokok bahasan hukum dasar kimia berbasis learning cycle 5E berdasarkan kurikulum 2013 untuk kelas X SMA/MA / Megan Yesey Oktafiana

Oktafiana, Megan Yesey (2015) Pengembangan bahan ajar pada pokok bahasan hukum dasar kimia berbasis learning cycle 5E berdasarkan kurikulum 2013 untuk kelas X SMA/MA / Megan Yesey Oktafiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktafiana Megan Yesey. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Pada Pokok Bahasan Hukum Dasar Kimia Berbasis Learning Cycle 5E Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci bahan ajar hukum dasar kimia learning cycle 5E Kimia merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang didalamnya terdapat banyak konsep abstrak dan teoritis yang mempelajari tentang fenomena alam di sekitar secara sistematis. Pada pembelajaran kimia siswa tidak hanya diberikan konsep-konsep yang merupakan hasil dari metode ilmiah namun harus diarahkan untuk melakukan proses sehingga mempunyai keterampilan berpikir dalam memperoleh danmengembangkan ilmu kimia. Salah satu strategi pembelajaran yang cocok digunakan untuk membelajarkan ilmu kimia adalah Learning Cycle 5E. Pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E merupakan salah satu pembelajaran yang selaras digunakan dalam pembelajaran yang mengacu pada Kurikulum 2013. Pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E perlu didukung bahan ajar yang sesuai. Salah satu bahan kajian dalamKurikulum 2013 adalah hukum dasar kimia. Pokok bahasan hukum dasar kimia dipilih karena siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi ini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Learning Cycle 5E pada pokok bahasan hukum dasar kimia dan mengetahui kelayakannya. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan adalah model 4D (4D-model) oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Pengembangan bahan ajar ini hanya dilakukan sampai pada tahap develop karena terkendala waktu dan biaya. Bahan ajar ini telah divalidasi oleh satu dosen di jurusan kimia dua guru kimia di SMA/MA dan uji coba keterbacaan oleh sepuluh siswa SMA/MA. Instrumen validasi berupa angket penilaian yang menggunakan skala Likert lima tingkat disertai dengan lembar komentar dan saran. Kriteria penilaian meliputi kelayakan isi dan penyajian bahasa serta tata letak. Revisi dilakukan berdasarkan komentar dan saran dari validator sehingga diharapkan dihasilkan produk bahan ajar pokok bahasan hukum dasar kimia berbasis Learning Cycle 5E yang memadai. Hasil pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar pokok bahasan hukum dasar kimia berbasis Learning Cycle 5E yang dapat dijadikan sebagai panduan pembelajaran. Berdasarkan hasil angket penilaian diperoleh persentase untuk kriteria penilaian isi dan penyajian sebesar 90 66% kriteria penilaian bahasa sebesar 76% dan kriteria penilaian tata letak sebesar 82 2% sehingga diperoleh penilaian rata-rata sebesar 80 3%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka bahan ajar ini sangat layak untuk digunakan sebagai panduan pembelajaran maupun sumber belajar untuk pokok bahasan hukum dasar kimia berbasis Learning Cycle 5Ebagi siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22143

Actions (login required)

View Item View Item