Perbedaan interaksi dan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Pair Square (TPSq) pada materi hidrokarbon / M. Syaiful Bahri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan interaksi dan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Pair Square (TPSq) pada materi hidrokarbon / M. Syaiful Bahri

Bahri, M. Syaiful (2015) Perbedaan interaksi dan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Pair Square (TPSq) pada materi hidrokarbon / M. Syaiful Bahri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahri M Syaiful. 2014. Perbedaan Interaksi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 10 Malang yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Pair Square (TPSq) pada Materi Hidrokaron. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci Hidrokarbon interaksi hasil belajar Think Pair Share (TPS) Think Pair Square (TPSq). Hidrokarbon merupakan salah satu materi dalam ilmu kimia yang dianggap sulit oleh siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang tepat adalah model pembelaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Think Pair Square karena model pembelajaran tersebut menekankan pada interaksi belajar antar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran interaksi belajar dan ketuntasan belajar perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu dan deskriptif. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 10 Malang tahun ajaran 2014-2015. Instrumen penelitian meliputi instrumen pembelajaran (silabus RPP handout dan worksheet) dan instrumen pengukuran (soal kuis soal tes dan lembar observasi). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji t pada signifikansi 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Think Pair Square telah terlaksana dengan sangat baik dengan rata-rata persentase keterlaksanaan masing masing 92 16% dan 91 20% (2) interaksi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (rerata 69 90%) lebih tinggi dibandingkan dengan interaksi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe Think Pair Share (rerata 67 44%) (3) ketuntasan belajar siswa setiap pertemuan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (rerata 70 83%) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe Think Pair Square (rerata 65 27%) (4) hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (rerata 83 69) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (rerata78 14).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22142

Actions (login required)

View Item View Item