Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dan learning cycle 5E-STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 10 Malang pada materi redoks / Rezha Agistria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dan learning cycle 5E-STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 10 Malang pada materi redoks / Rezha Agistria

Agistria, Rezha (2015) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dan learning cycle 5E-STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 10 Malang pada materi redoks / Rezha Agistria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agistria Rezha. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 5E-STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMAN 10 Malang Pada Materi Redoks. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S (II) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd M.Si. Kata kunci Learning Cycle 5E (LC-5E) Learning Cycle 5E-STAD (LC-5E-STAD) redoks hasil belajar 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Materi redoks yang disajikan di kelas X IPA SMA umumnya disampaikan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah). Hasil belajar yang dicapai siswa dengan model pembelajaran tersebut masih rendah.Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran efektif yang berpusat pada siswa.Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran LC-5E dan LC-5E-STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah keterlaksanaan model pembelajaran LC-5E dan LC-5E-STAD yang dilaksanakan di kelas X IPA SMAN 10 Malang pada materi redoks dan apakah ada perbedaan hasil belajar materi redoks antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC-5E-STAD pada siswa kelas X IPA SMAN 10 Malang dan bagaimanakah hasil belajar afektif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E dan LC-5E-STAD untuk materi redoks pada siswa kelas X IPA SMAN 10 Malang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA SMAN 10 Malang pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas. Dua kelas diambil sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen 1 (X IPA-2) dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E sedangkan kelas eksperimen 2 (X IPA-3) dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E-STAD. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan teknik prosentase. Untuk menguji hipotesis penelitian ini dilakukan dengan uji-t dua pihak dengan taraf signifikansi 945 0 05 dengan bantuan program SPSS Versi 16.0 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada model pembelajaran LC-5E sebesar 96% dan model pembelajaran LC-5E-STAD sebesar 100%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar materi redoks antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E dan LC-5E-STAD pada siswa kelas X IPA SMAN 10 Malang. Hasil belajar aspek kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC-5E-STAD( 84 67) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E( 80 50) dan rata-rata nilai kuis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E-STAD( 84 29) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E( 81 80). Hasil belajar aspek afektif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E-STAD dikategorikan sama baik dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran LC-5E.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22141

Actions (login required)

View Item View Item