Pengaruh strategi pembelajaran timbal balik berbantuan multimedia terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang pada pembelajaran kimia materi sistem koloid / Arif Lukman Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran timbal balik berbantuan multimedia terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang pada pembelajaran kimia materi sistem koloid / Arif Lukman Hakim

Hakim, Arif Lukman (2014) Pengaruh strategi pembelajaran timbal balik berbantuan multimedia terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang pada pembelajaran kimia materi sistem koloid / Arif Lukman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hakim Arif Lukman. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Timbal Balik Berbantuan Multimedia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Malang Pada Pembelajaran Kimia Materi Sistem Koloid. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Srini M. Iskandar Ph.D. (II) Habiddin S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Timbal Balik Multimedia Prestasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Strategi pembelajaran timbal balik mendorong siswa untuk lebih berperan aktif dalam kelompok dan membantu siswa secara personal dalam memahami teks bacaan. Namun strategi pembelajaran timbal balik juga mempunyai beberapa kelemahan salah satunya yaitu strategi pembelajaran ini harus dijelaskan terlebih dahulu sebelum diterapkan kepada siswa. Penerapan strategi pembelajaran timbal balik berbantuan multimedia bertujuan untuk memperbaiki pemahaman membaca siswa dalam materi sistem koloid. Tujuan penelitian adalah mengetahui prestasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pada strategi pembelajaran timbal balik dan strategi pembelajaran timbal balik saja. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasy experimental design dengan post test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Intrumen untuk mengambil data prestasi belajar adalah tes ulangan harian. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan analisis statistik dan deskriptif. Pengujian hipotesis mengunakan independent samples t-test pada tingkat signifikansi 0 05 dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia pada strategi pembelajaran timbal balik pada kelas eksperimen dan strategi pembelajaran timbal balik pada kelas kontrol berlangsung cukup baik namun alokasi waktu belum sesuai dengan RPP 2) ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas eksperimen ( 82 94) dengan kelas kontrol ( 79 36) 3) Secara umum dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan multimedia pada strategi pembelajaran timbal balik terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran timbal balik berbantuan multimedia ( 82 94) menurun dibandingkan dengan kemampuan awalnya ( 85 17). Prestasi belajar siswa pada kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran timbal balik ( 79 36) menurun dibandingkan dengan kemampuan awalnya ( 82 86).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22140

Actions (login required)

View Item View Item