Pengaruh penerapan teknik mencatat mind mapping dalam model pembelajaran Concept Attainment terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Listrik SMK Negeri 1 Singosari pada materi elektrokimia / Made Irma Rusmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan teknik mencatat mind mapping dalam model pembelajaran Concept Attainment terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Listrik SMK Negeri 1 Singosari pada materi elektrokimia / Made Irma Rusmayanti

Rusmayanti, Made Irma (2014) Pengaruh penerapan teknik mencatat mind mapping dalam model pembelajaran Concept Attainment terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Listrik SMK Negeri 1 Singosari pada materi elektrokimia / Made Irma Rusmayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rusmayanti Made Irma. 2014. Pengaruh Penerapan Teknik Mencatat Mind Mapping Dalam Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Listrik SMK Negeri 1 Singosari pada Materi Elektrokimia. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Srini M.Iskandar M.Sc Ph.D. (2) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Teknik mencatat mind mapping model pembelajaran concept attainment elektrokimia hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Elektrokimia merupakan salah satu materi kimia di SMK Negeri 1 Singosari. Pembelajaran materi elektrokimia di SMK Negeri 1 Singosari umumnya disampaikan dengan metode ceramah. Hasil belajar siswa dengan pembelajaran tersebut masih rendah. Langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan model pembelajaran concept attainment dengan dibantu teknik mencatat mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran hasil belajar afektif psikomotor dan pengaruh penerapan teknik mencatat mind mapping dalam model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari Program Keahlian Listrik pada materi elektrokimia. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasi eksperimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari Program Keahlian Listrik yang terdiri atas empat kelas. Pemilihan kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 (kontrol) dilakukan dengan undian (cluster random sampling). Kelas eksperimen 1 menerapkan teknik mencatat mind mapping dengan model pembelajaran concept attainment sedangkan kelas eksperimen 2 menerapkan teknik mencatat konvensional dengan model pembelajaran concept attainment. Intrumen pengukuran meliputi lembar observasi dan ulangan harian. Lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan proses pembelajaran hasil belajar afektif dan psikomotorik sedangkan ulangan harian terdiri dari 25 butir soal yang valid dan reliabel ( 0 843) untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Data keterlaksanaan proses pembelajaran nilai afektif dan nilai psikomotorik dianalisis dengan analisis deskriptif sedangkan data hasil belajar kognitif dianalisis dengan analisis statistik nonparametrik menggunakan uji Mann-Whitney. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan proses pembelajaran kelas yang menerapkan teknik mencatat mind mapping dan kelas yang menerapkan teknik mencatat konvensional termasuk kategori sangat baik yaitu pada kelas yang menerapkan teknik mencatat mind mapping sebesar 92 9% dan pada kelas yang menerapkan teknik mencatat konvensional sebesar 92 1%. Hasil belajar afektif siswa kelas yang menerapkan teknik mencatat mind mapping sebesar 87 3 dan siswa kelas yang menerapkan teknik mencatat konvensional sebesar 86 9. Hasil belajar psikomotorik siswa kelas yang menerapkan teknik mencatat mind mapping sebesar 89 8 dan siswa kelas yang menerapkan teknik mencatat konvensional sebesar 88 6. Hasil analisis statistik pada penelitian ini menunjukkan bahwa perpaduan teknik mencatat mind mapping dengan model pembelajaran concept attainment berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas bawah pada materi elektrokimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22139

Actions (login required)

View Item View Item