Pengembangan bahan ajar bentuk molekul untuk pembelajaran berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing pada siswa SMA kelas X semester I / Tan Yunce Soyem - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bentuk molekul untuk pembelajaran berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing pada siswa SMA kelas X semester I / Tan Yunce Soyem

Soyem, Tan Yunce (2014) Pengembangan bahan ajar bentuk molekul untuk pembelajaran berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing pada siswa SMA kelas X semester I / Tan Yunce Soyem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Soyem Tan Yunce. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Bentuk Molekul untuk Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Drs. Effendy M. Pd Ph. D (II) Habidin S. Pd M. Pd. Kata-kata Kunci pengembangan bahan ajar bentuk molekul inkuiri terbimbing 12288 12288 12288 12288 Bentuk atau geometri molekul merupakan salah satu topik yang dipelajari dalam mata pelajaran kimia di SMA dan MA. Salah satu teori yang digunakan dalam menjelaskan dan meramalkan bentuk molekul di SMA dan MA adalah teori teori tolakan pasangan-pasangan elektron pada kulit valensi atau teori VSEPR (Valence Shell Electron Pairs Repulsion). Bahan ajar tentang bentuk molekul yang biasa digunakan di SMA dan MA adalah disusun berdasarkan pendekatan verifikasi. Terdapatdua kelemahan dari bahan ajar yang disusun berdasarkan pendekatan verifikasi. Pertama siswa tidak terlibat dalam mengkonstruk konsep-konsep yang mereka pelajari. Kedua siswa kurang mendapatkan simulasi intelektual yang penting untuk perkembangan ketrampilan berpikir tingkat tingginya. Pembelajaran bentuk molekul seharusnya melibatkan siswa dalam mengkonstruk konsep yang ia pelajari karena bentuk molekul sebagai bagian dari ilmu kimia tidak hanya berkaitan dengan konsep akan tetapi juga dengan proses. Persoalannya sampai sekarang dapat dianggap belum ada bahan ajar bentuk molekul yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang yang berorientasi pada keaktifan siswa dalam mengkonstruk konsep yang ia pelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar bentuk molekul yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan bahan ajar Bentuk Molekul adalah berdasarkan pendekatan Inkuiri Terbimbing yang dirumuskan oleh Hanson. Bahan ajar yang telah dikembangkan diuji kelayakan isi bahasa dan penyajiannya menggunakan instrument berupa angket kelayakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan instrument penilaian kelayakan bahan ajar yang dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Bahan ajar Bentuk Molekul yang disusun berdasarkan pendekatan Inkuiri Terbimbing yang dirumuskan oleh Hanson menuntut siswa untuk membangun setiap konsep yang ia pelajari dengan bantuan seminimal mungkin dari guru. Setiap konsep dalam bahan ajar dibangun melalui lima tahap yaitu Orientation Exploration Concept Formation Application dan Closure. Bahan ajar yang dikembangan termasuk dalam kategori sangat layak dari segi isi dan bahasa serta termasuk dalam kategori layak dari segi penyajian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22135

Actions (login required)

View Item View Item