Pengembangan modul stoikiometri berdasarkan konsep sukar dan kesalahan konsep / Rohmatul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul stoikiometri berdasarkan konsep sukar dan kesalahan konsep / Rohmatul Maghfiroh

Maghfiroh, Rohmatul (2014) Pengembangan modul stoikiometri berdasarkan konsep sukar dan kesalahan konsep / Rohmatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maghfiroh Rohmatul. 2014. Pengembangan Modul Stoikiometri Berdasarkan Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fariati M.Sc (II) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. Kata kunci Modul Konsep Sukar Kesalahan Konsep Stoikiometri. 12288 12288 12288 12288 Stoikiometri merupakan salah satu konsep kimia yang memiliki karakteristik abstrak sehingga memungkinkan timbul persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep. Hasil penelitian oleh Anjarwati (2008) Vaudhi (2008) Nilawati (2012) dan Roikah (2012) menunjukkan bahwa peserta didik mengalami persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep yang perlu dicari solusi pemecahannya. Salah satunya adalah menyediakan modul stoikiometri yang dapat mencegah konsep sukar dan kesalahan konsep. Oleh karena itu dilakukan pengembangan modul stoikiometri berdasarkan konsep sukar dan kesalahan konsep. Tujuan pengembangan adalah (1) menghasilkan modul stoikiometri dan (2) mengetahui kelayakan modul dengan menggunakan data hasil validasi isi dan uji keterbacaan. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan modul menggunakan model 4D oleh Thiagarajan dkk. Model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu merencanakan (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate) namun pengembangan hanya dilakukan hingga tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (develop). Modul hasil pengembangan di uji dengan validasi isi dan uji keterbacaan. Validasi isi dilakukan oleh seorang dosen kimia FMIPA UM guru kimia SMAN 5 Malang dan guru kimia SMA yang sedang menempuh S2. Uji keterbacaan dilaksanakan pada 10 peserta didik kelas XI dan 10 peserta didik kelas XII SMAN 5 Malang. Instrumen pengumpulan data terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah daftar ceklist dengan menggunakan skala likert sedangkan bagian kedua merupakan lembar komentar kritik dan saran. Data yang diperoleh terdiri dari data kuantitatif berupa skor penilaian angket dan kualitatif yaitu komentar kritik dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perhitungan persentase dan deskriptif. 12288 12288 12288 12288 Produk hasil pengembangan berupa modul stoikiometri. Hasil validasi isi oleh dosen menunjukkan kriteria sangat valid sebesar 84% sedangkan hasil validasi isi oleh tiga guru kimia SMA diperoleh 94% dengan kriteria sangat valid. Subjek uji keterbacaan pada tiap kelas dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok peserta didik dengan tingkat kognitif tinggi dan rendah. Hasil uji keterbacaan pada kelas XI menghasilkan persentase kelayakan sebesar 81% (sangat valid) untuk tingkat kognitif tinggi dan 76% (valid) untuk tingkat kognitif rendah sedangkan skor hasil uji keterbacaan pada peserta didik kelas XII adalah 89% (sangat valid) dan 79% (valid) berturut-turut untuk tingkat kognitif tinggi dan rendah. Hasil validasi isi dan uji keterbacaan menunjukkan bahwa modul layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22131

Actions (login required)

View Item View Item