Pengembangan paket pelatihan "Konselor" sebaya pada kalangan siswa SMA / Rani Kentriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pelatihan "Konselor" sebaya pada kalangan siswa SMA / Rani Kentriana

Kentriana, Rani (2015) Pengembangan paket pelatihan "Konselor" sebaya pada kalangan siswa SMA / Rani Kentriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kentriana Rani. 2015. Pengembangan Paket Pelatihan Konselor Sebaya pada Kalangan Siswa SMA. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd dan (II) Dr. Andi Mappiare A.T M.Pd Kata kunci pelatihan konselor sebaya SMA Siswa SMA dalam perkembangannya berada pada masa remaja sering mengalami masalah mencangkup masalah pribadi sosial belajar dan karir. Dalam memecahkan masalahnya remaja membutuhkan orang atau pihak lain untuk membantunya. Pihak lain di sekolah yang bertugas memberikan layanan bantuan adalah konselor. Akan tetapi terbatasnya jumlah konselor dan banyaknya siswa menyebabkan layanan konseling tidak dirasakan oleh siswa. Di samping itu banyaknya siswa yang enggan berkonseling dengan konselor dan lebih senang menceritakan masalahnya kepada teman dan sahabatnya. Mereka menggangkap orang dewasa tidak bisa memahami dan mengerti masalah yang dialaminya. Melihat hal itu maka perlu adanya pelatihan konselor sebaya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (1983). Adapun prosedur yang pengembangan yang dilakukan sebagai berikut 1) tahap pertama perencanaan melakukan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan konselor 2) tahap kedua pengembangan produk merancang media paket pelatihan menyusun media dan menyusun instrumen penilaian 3) tahap ketiga uji coba produk uji ahli (uji ahli BK uji ahli bahasa dan uji ahli media) revisi produk hasil penilaian ahli calon pengguna produk kelompok kecil produk akhir paket pelatihan konselor sebaya pada kalangan siswa SMA. Produk yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini adalah 1) panduan paket pelatihan konselor sebaya pada kalangan siswa SMA untuk siswa dan 2) paket pelatihan konselor sebaya pada kalangan siswa SMA untuk konselor. Berdasarkan penilaian dari ahli materi bimbingan dan konseling menyatakan bahwa paket pelatihan konselor sebaya (peer counselor) memiliki keberterimaan isi sangat tepat berguna dan mudah sedangkan untuk keberterimaan format sangat tepat berguna mudah dan menarik. Dari ahli bahasa menyatakan bahwa paket pelatihan konselor sebaya (peer counselor) ini memiliki keberterimaan isi sangat baik. Selanjutnya memiliki keberterimaan format sangat tepat berguna mudah dan menarik. Penilaian ahli media menyatakan bahwa paket pelatihan konselor sebaya berdasarkan isi sangat tepat mudah dan menarik dan berdasarkan format menyatakan bahwa paket pelatihan konselor sebaya memiliki keberterimaan format sangat tepat berguna mudah dan menarik. Calon pengguna produk menyatakan bahwa paket pelatihan konselor sebaya memiliki keberteriaan isi sangat tepat mudah dan berguna. Penilaian berdasarkan format yaitu sangat tepat berguna dan menarik. Penilaian dari kelompok kecil menyatakan bahwa paket pelatihan konselor sebaya sangat tepat berguna mudah dan menarik. Kesimpulannya paket pelatihan konselor sebaya pada kalangan siswa SMA telah berterima secara teori dan praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini dapat disarankan bagi konselor hendaknya menggunakan paket pelatihan konselor sebaya pada kalangan siswa SMA ini dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektifitas paket pelatihan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item View Item