Pengembangan bahan ajar konsep mol berbasis inkuiri terbimbing / Siska Siti Makmuroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar konsep mol berbasis inkuiri terbimbing / Siska Siti Makmuroh

Makmuroh, Siska Siti (2014) Pengembangan bahan ajar konsep mol berbasis inkuiri terbimbing / Siska Siti Makmuroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Makmuroh Siska Siti. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terbimbing. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Muhammad Su aidy M. Pd (II) Dr. H. Sutrisno M.Si. Kata kunci bahan ajar konsep mol inkuiri terbimbing. Kimia merupakan ilmu yang diperoleh dan dikembangkan berdasarkan penemuan para kimiawan. Metode penemuannya menggunakan metode ilmiah. Hal ini menunjukkan bahwa dalam mempelajari ilmu kimia seharusnya siswa belajar layaknya kimiawan memperoleh konsep tentang kimia. Dalam pembelajaran kimia hendaknya siswa tidak hanya diberikan konsep-konsep berupa hasil temuan para kimiawan melainkan perlu dibimbing agar dapat memperoleh pengetahuan sendiri secara utuh dan terstruktur. Sejalan dengan hal tersebut proses pembelajaran yang cocok digunakan untuk membelajarkan ilmu kimia adalah inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing merupakan salah satu pendekatan yang cocok digunakan dalam pengembangan bahan ajar dan mengacu pada Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar konsep mol berbasis inkuiri terbimbing. Rancangan model pengembangan bahan ajar diadaptasi dari model 4D (4D-model) oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu membatasi (to define) merancang (to design) mengembangkan (to develop) dan menyebarluaskan (to disseminate). Rancangan pengembangan bahan ajar ini dilakukan sampai pada tahap ketiga yaitu mengembangkan. Bahan ajar divalidasi oleh satu dosen kimia dan tiga guru kimia SMA dengan instrumen validasi berupa angket penilaian menggunakan skala Likert empat tingkat disertai dengan lembar komentar dan saran. Revisi dilakukan berdasarkan komentar dan saran validator sehingga dihasilkan produk berupa bahan ajar yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar dan panduan pengajaran. Berdasarkan hasil angket penilaian diperoleh persentase kelayakan bahan ajar 92 04%. Nilai tersebut menggambarkan bahwa bahan ajar ini sangat layak untuk digunakan sebagai panduan pengajaran maupun sumber belajar untuk kegiatan pembelajaran bahan kajian konsep mol berbasis inkuiri terbimbing bagi siswa SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22126

Actions (login required)

View Item View Item