Penerapan scientific approach terhadap hasil belajar kognitif materi hidrolisis siswa MAN 7 Malang kelas XI tahun 2013/2014 / Ferdi Septian Syah Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan scientific approach terhadap hasil belajar kognitif materi hidrolisis siswa MAN 7 Malang kelas XI tahun 2013/2014 / Ferdi Septian Syah Putra

Putra, Ferdi Septian Syah (2014) Penerapan scientific approach terhadap hasil belajar kognitif materi hidrolisis siswa MAN 7 Malang kelas XI tahun 2013/2014 / Ferdi Septian Syah Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra Ferdi S. Syah. 2014. Penerapan Scientific Approach Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Hidrolisis Siswa Kelas XI SMAN 7 Malang Tahun 2013/2014. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Sodiq Ibnu M.Si (II) Drs. Dermawan Afandy M.Pd. Kata Kunci scientific approach hasil belajar kognitif hidrolisis garam 12288 12288 12288 12288 Terjadi perbedaan yang signifikan antara Kurikulum KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013 yang sudah resmi dikeluarkan oleh pemerintah. Beberapa perbedaannya yaitu terletak pada elemen proses pembelajarannya yaitu standar proses yang semula terfokus pada eksplorasi elaborasi dan konfirmasi dilengkapi dengan mengamati menanya mencoba mengolah menyajikan menyimpulkan dan mencipta. (Kemendikbud 2013). Oleh karena itu pendekatan yang sangat dianjurkan dan mendukung proses belajar pada Kurikulum 2013 adalah pendekatan yang berbasis ilmiah atau disebut juga scientific approach. Dalam silabus mata pelajaran kimia SMA salah satu adalah materinya tercantum tentang hidrolisis garam. Untuk memahami konsep materi tersebut siswa dapat dibelajarkan dengan cara eksperimen sesuai dengan langkah-langkah pada scientific approach. Materi tersebut juga dapat dibelajarkan kepada siswa dengan menggunakan pendekatan ekspositori yang berpusat pada guru dalam proses pembelajarannya. Namun 2 pendekatan tersebut kemungkinan akan memberikan hasil yang berbeda dalam ranah kognitif siswa. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian eksperimental semu (Quasi Experiment). Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel. Kelas yang pertama yaitu kelas XI IA 1 menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan scientific approach/pendekatan ilmiah sedangkan kelas yang lain yaitu kelas XI IA 3 menjadi kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan ekspositori. 12288 12288 12288 12288 Setelah diberi perlakuan dan diberi tes evaluasi dari data hasil tes/hasil belajar kognitif siswa tersebut kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan uji-t. Diperoleh nilai thitung sebesar (2 32) ttabel (2 00) berarti nilai hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Perbedaan rata-rata antara dua kelas sebesar 8 96. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan scientific approach/pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan ekspositori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22123

Actions (login required)

View Item View Item