Pengembangan multimedia untuk menunjang pembelajaran kimia SMA materi laju reaksi / Ainun Nadhifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia untuk menunjang pembelajaran kimia SMA materi laju reaksi / Ainun Nadhifah

Nadhifah, Ainun (2014) Pengembangan multimedia untuk menunjang pembelajaran kimia SMA materi laju reaksi / Ainun Nadhifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nadhifah Ainun. 2014. Pengembangan Multimedia untuk Menunjang Pembelajaran Kimia SMA Materi Laju Reaksi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muntholib S.Pd. M.Si. (II) Drs. Muhadi Kata Kunci multimedia pembelajaran laju reaksi Dick Carey 12288 12288 12288 12288 Ilmu kimia merupakan salah satu cabang dari sains yang menjadi dasar bagi perkembangan ilmu-ilmu lain yang terkait seperti biologi dan kedokteran. Namun kimia dipandang sebagai ilmu yang sulit untuk dipelajari karena sebagian besar konsep kimia bersifat abstrak. Salah satu materi kimia SMA yang bersifat abstrak adalah laju reaksi. Sifat abstrak ini sering menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada siswa. Adanya miskonsepsi ini mengindikasikan kekurangberhasilan penyampaian materi oleh guru atau bahan ajar yang ada. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) mengembangkan multimedia pembelajaran untuk menunjang pembelajaran kimia SMA materi laju reaksi dan (2) mengetahui validitas multimedia pembelajaran yang dihasilkan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Dick Carey 9 tahap yaitu (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) menganalisis materi pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih material pembelajaran (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan (9) merevisi media pembelajaran. Produk ini diuji coba melalui validasi ahli dan uji terbatas dengan menggunakan angket. Validasi dilakukan oleh 3 validator ahli yaitu 1 dosen jurusan kimia dan 1 dosen jurusan teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang serta 1 guru kimia MAN 3 Malang. Sedangkan uji terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 Produk pengembangan berupa CD (compact disk) multimedia pembelajaran laju reaksi. Media yang berbasis flash player ini menyajikan materi laju reaksi secara induktif dan interaktif dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan pembimbing untuk membantu siswa menemukan konsep secara mandiri. Rata-rata skor hasil validasi produk dari aspek isi materi dan tampilan media secara berturut-turut adalah 3 57 dan 3 60. Sedangkan hasil uji coba sebesar 3 62 dan 3 60. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran laju reaksi yang dihasilkan tergolong valid sehingga layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran kimia SMA materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22121

Actions (login required)

View Item View Item