Pengembangan multimedia sebagai penunjang pembelajaran materi dan perubahannya dalam pembelajaran IPA di SMP / Rosa Windarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia sebagai penunjang pembelajaran materi dan perubahannya dalam pembelajaran IPA di SMP / Rosa Windarti

Windarti, Rosa (2014) Pengembangan multimedia sebagai penunjang pembelajaran materi dan perubahannya dalam pembelajaran IPA di SMP / Rosa Windarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Windarti Rosa. 2014. Pengembangan Multimedia sebagai Penunjang Pembelajaran Materi dan Perubahannya dalam Pembelajaran IPA di SMP. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muntholib S.Pd. M.Si. (II) Drs. Muhadi Kata kunci multimedia materi dan perubahannya Dick and Carey 12288 12288 12288 12288 Para pendidik kimia umumnya setuju bahwa memahami konsep materi dan perubahannya adalah dasar untuk mempelajari kimia. Ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep tersebut dapat menimbulkan masalah dalam mempelajari kimia. Adanya miskonsepsi yang dialami siswa menuntut diperlukannya suatu media yang dapat menjadikan sesuatu yang abstrak menjadi konkret dan dapat memfasilitasi penyampaian materi dari guru pada siswa. Pada penelitian ini dikembangkan multimedia yang menunjang pembelajaran materi dan perubahannya untuk pembelajaran IPA di SMP dengan menggunakan Adobe Flash CS3. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini yaitu (1) menghasilkan multimedia yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran materi dan perubahannya yang termuat dalam mata pelajaran IPA di SMP (2) mengetahui kelayakan multimedia sebagai penunjang pembelajaran materi dan perubahannya yang dikembangkan dengan program Adobe Flash CS3. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang memiliki 10 langkah pengembangan. Namun karena keterbatasan waktu dan biaya maka peneliti melakukan pengembangan sampai pada langkah ke 9. Desain uji coba dirancang untuk validasi isi materi dan validasi tampilan media yang meliputi aspek penyajian materi kebahasaan dan tampilan materi. Setelah divalidasi oleh validator produk kemudian diujicobakan pada siswa dalam uji kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data berupa angket (kuesioner) yang langsung diberikan kepada validator dan siswa dalam uji kelompok kecil. Hasil validasi dianalisis dengan teknik analisis nilai rata-rata. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari pengembangan adalah berupa multimedia pembelajaran konsep materi dan perubahannya yang dikemas dalam bentuk CD. Berdasarkan hasil validasi/uji kelayakan dari 3 validator dinyatakan bahwa media pembelajaran ini memiliki presentase kelayakan rata-rata sebesar 92 18% dengan kriteria layak sehingga tidak diperlukan adanya revisi yang signifikan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran siswa SMP kelas VII konsep materi dan perubahannya di kelas maupun untuk belajar mandiri. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22120

Actions (login required)

View Item View Item