Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada materi alkana, alkena, dan alkuna untuk SMA/MA kelas XI / Sella Ayu Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada materi alkana, alkena, dan alkuna untuk SMA/MA kelas XI / Sella Ayu Rahmawati

Rahmawati, Sella Ayu (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada materi alkana, alkena, dan alkuna untuk SMA/MA kelas XI / Sella Ayu Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Sella Ayu. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Materi Alkana Alkena dan Alkuna untuk SMA/MA Kelas XI. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil M.Si (II) Drs. Dermawan Afandy M.Pd. Kata kunci multimedia four-D model alkana alkena dan alkuna Ilmu kimia mencakup fakta konsep dan fenomena sehingga sering kita jumpai bahwa siswa menganggap kimia adalah pelajaran yang sulit dan susah untuk dipelajari. Saat ini sudah banyak bahan ajar yang tersedia untuk membantu proses belajar tetapi materi yang terdapat dalam bahan ajar belum sepenuhnya menggambarkan konsep makroskopis dan mikroskopis. sedangkan ilmu kimia sendiri mencakup tiga aspek yaitu makroskopis mikroskopis dan simbolik. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan multimedia pembelajaran. Salah satu materi kimia yang mempunyai konsep abstrak adalah alkana alkena dan alkuna sehingga diharapkan materi alkana alkena dan alkuna yang disajikan dalam bentuk multimedia pembelajaran dapat memudahkan peserta didik dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi alkana alkena dan alkuna serta mengetahui tingkat kelayakan multimedia yang dihasilkan. 12288 12288 12288 12288 Metode pengembangan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang meliputi tahap define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Untuk menguji tingkat kelayakan produk yang dikembangkan maka dilakukan validasi media dan uji coba kelompok kecil. Validasi yang dilakukan adalah validasi tampilan media yang dilakukan oleh satu dosen jurusan Kimia FMIPA dan validasi isi materi yang dilakukan oleh satu dosen jurusan Kimia FMIPA satu guru SMAN 9 Malang dan satu guru SMAN 10 Malang. Pelaksanaan uji coba kelompok kecil melibatkan 10 siswa SMA kelas XII-IPA di SMA Negeri 10 Malang. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif melalui instrumen angket. 12288 12288 12288 12288 Multimedia pembelajaran yang dikembangkan memiliki beberapa kelebihan seperti (1) multimedia ini bersifat non-linear sehingga peserta didik dapat memilih mempelajari dan mengulang materi sesuai dengan kecepatan berpikirnya (2) multimedia ini dilengkapi dengan video gambar teks dan animasi yang mendukung penjelasan materi (3) multimedia ini dilengkapi dengan soal-soal yang bersifat interaktif dan untuk setiap soal latihan dilengkapi dengan feed back atau umpan balik (4) multimedia ini juga dilengkapi dengan soal evaluasi akhir pada setiap subbab materi sebagai tolak ukur hasil belajar peserta didik dalam memahami materi ini. Hasil rata-rata validasi tampilan sebesar 75 43% dan untuk validasi isi materi sebesar 88 43% serta validasi uji coba kelompok kecil sebesar 79 27%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22112

Actions (login required)

View Item View Item