Perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas X SMA Negeri 3 Jombang yang dibelajarkan dengan model pencapaian konsep dan pendekatan saintifik pada bahan kajian konsep reaksi oksidasi reduksi / Veronika - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas X SMA Negeri 3 Jombang yang dibelajarkan dengan model pencapaian konsep dan pendekatan saintifik pada bahan kajian konsep reaksi oksidasi reduksi / Veronika

Veronika (2014) Perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas X SMA Negeri 3 Jombang yang dibelajarkan dengan model pencapaian konsep dan pendekatan saintifik pada bahan kajian konsep reaksi oksidasi reduksi / Veronika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Veronika. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas X SMA Negeri 3 Jombang yang Dibelajarkan dengan Model Pencapaian Konsep dan Pendekatan Saintifik pada Bahan Kajian Konsep Reaksi Oksidasi Reduksi. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. (II) Drs. H. Parlan M.Si. Kata kunci model pencapaian konsep pendekatan saintifik reaksi oksidasi reduksi hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif. Bahan kajian reaksi oksidasi reduksi merupakan salah satu bahan kajian yang bersifat abstrak dan baru bagi peserta didik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hidayat (2012) menunjukkan bahwa peserta didik yang paham terhadap bahan kajian reaksi oksidasi reduksi rata-rata sekitar 7 69%. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diciptakan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk aktif dan menemukan sendiri konsepnya secara mandiri. Salah satu model pembelajaran yang mendukung hal tersebut adalah model pencapaian konsep. Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan model pencapaian konsep untuk membelajarkan bahan kajian konsep reaksi redoks. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model pencapaian konsep dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada bahan kajian reaksi oksidasi reduksi 2) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif pada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pencapaian konsep dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik dan 3) mengetahui nilai rata-rata hasil belajar afektif pada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pencapaian konsep dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu dan rancangan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Jombang tahun 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik dan kelas MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan dengan model pencapaian konsep. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan (silabus RPP handout LKS) dan instrumen pengukuran hasil belajar (tes hasil belajar kognitif lembar observasi). Instrumen untuk mengambil data hasil belajar kognitif peserta didik terdiri dari 40 butir soal dengan validitas isi sebesar 94 38% dengan kriteria sangat baik validitas butir soal antara 0 414-0 854 daya beda butir soal antara 0 25-1 00 dengan kriteria cukup baik dan baik sekali taraf kesukaran butir soal antara 0 61-0 90 dengan kriteria mudah dan sedang dan reliabilitas soal tes sebesar 0 91 dengan kriteria sangat tinggi. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaa pembelajaran bahan kajian reaksi redoks dengan menggunakan pendekatan saintifik terlaksana dengan rata-rata 91 08% dan pembelajaran dengan model pencapaian konsep terlaksana dengan rata-rata 92 66%. 2) tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pencapaian konsep dan peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik. 3) nilai rata-rata hasil belajar afektif peserta didik yang dibelajarkan dengan model pencapiaan konsep sebesar 2 72 dengan kriteria baik dan nilai rata-rata hasil belajar afektif peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik sebesar 2 61 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22110

Actions (login required)

View Item View Item