Pengembangan buku guru dan buku siswa materi larutan elektreolit dan nonelektrolit kelas X dengan pendekatan saintifik / Oktavianda Kusumaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku guru dan buku siswa materi larutan elektreolit dan nonelektrolit kelas X dengan pendekatan saintifik / Oktavianda Kusumaningrum

Kusumaningrum, Oktavianda (2014) Pengembangan buku guru dan buku siswa materi larutan elektreolit dan nonelektrolit kelas X dengan pendekatan saintifik / Oktavianda Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusumaningrum Oktavianda. 2014. Pengembangan Buku Guru Dan Buku Siswa Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Kelas X Dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Darsono Sigit M.Pd. (II) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata kunci pendekatan saintifik larutan elektrolit dan nonelektrolit 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan salah satu faktor penunjang yang penting bagi perkembangan peradaban manusia dalam suatu bangsa. Hasil studi TIMSS menunjukkan peserta didik Indonesia berada pada ranking amat rendah karena materi uji yang ditanyakan TIMSS tidak terdapat pada kurikulum Indonesia maka pemerintah mengembangkan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013 materi disusun secara seimbang untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan sikap dan keterampilan dengan pendekatan saintifik. Namun kelemahan implementasi kurikulum 2013 hingga tahun ajaran baru 2014 buku belum menyebar di sekolah-sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut pengembangan Buku Guru dan Buku Siswa diperlukan sebagai buku alternatif untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan kurikulum 2013. Materi larutan elektrolit dan nonelektrolit merupakan materi dasar untuk memahami materi ilmu kimia yang lain misalnya elektrokimia dan asam-basa. Untuk mendasari pemahaman terhadap kedua konsep tersebut maka bahan ajar materi larutan elektrolit dan nonelektrolit mencakup tiga tingkat representasi yaitu makroskopik mikroskopik dan simbolik untuk mempermudah peserta didik dalam mengkonstruk konsep pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Pengembangan ini bertujuan untuk memperoleh Buku Guru dan Buku Siswa materi elektrolit dan nonelektrolit dengan pendekatan saintifik kelas X sebagai tuntutan kurikulum 2013 dan mengetahui kelayakan Buku Guru dan Buku Siswa. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan 3-D (three D-models) yang diadaptasi dari model pengembangan 4-D (four D-models) dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap define design develop dan disseminate. Dalam pengembangan ini peneliti tidak melakukan tahap disseminate karena keterbatasan waktu dan biaya. Hasil pengembangan bahan ajar dilakukan validasi isi untuk mengetahui kesesuaian bahan ajar dengan kurikulum 2013. Validasi Buku Guru dan Buku Siswa dilakukan oleh tiga guru SMA Negeri di Malang melalui instrumen penelitian berupa kuesioner penilaian dengan skala Likert empat tingkat disertai dengan lembar komentar dan saran. 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar yang dihasilkan berupa Buku Guru dan Buku Siswa materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan pendekatan saintifik. Bahan ajar dinyatakan sangat layak dengan tingkat kelayakan sebesar 94 83%. Hasil analisis data menyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan yakni Buku Guru dan Buku Siswa dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan kurikulum 2013 untuk peserta didik kelas X SMA. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22109

Actions (login required)

View Item View Item