Pengembangan bahan ajar struktur atom berbasis inkuiri terbimbing / Setya Ika Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar struktur atom berbasis inkuiri terbimbing / Setya Ika Lestari

Lestari, Setya Ika (2014) Pengembangan bahan ajar struktur atom berbasis inkuiri terbimbing / Setya Ika Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Setya Ika. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Struktur Atom Berbasis Inkuiri Terbimbing Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M. Si. (II) Muntholib S.Pd M.Si Kata Kunci Bahan ajar struktur atom inkuiri terbimbing. 12288 12288 12288 12288 Kimia merupakan ilmu yang diperoleh dan dikembangkan oleh para kimiawan melalui serangkaian kegiatan yaitu mengamati gejala atau fenomena kemudian mengkonseptualisasikan hingga akhirnya disimbolkan. Kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk metode ilmiah. Pada pembelajaran kimia siswa tidak hanya diberikan konsep-konsep yang merupakan hasil dari metode ilmiah namun harus diarahkan untuk melakukan proses sehingga mempunyai keterampilan dan sikap seperti yang dimiliki oleh kimiawan dalam memperoleh dan mengembangkan ilmu kimia. Untuk membelajarkan siswa sesuai dengan karakteristik ilmu kimia tersebut proses pembelajaran yang cocok digunakan untuk pembelajaran ilmu kimia adalah inkuiri. Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing merupakan salah satu strategi pembelajaran yang selaras dengan pola pembelajaran Kurikulum 2013. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar struktur atom berbasis inkuiri terbimbing. 12288 12288 12288 12288 Rancangan model pengembangan bahan ajar yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D (4D-Model) yang terdiri atas 4 tahap yaitu define (membatasi) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (mendeseminasi). Rancangan pengembangan bahan ajar ini hanya dilakukan sampai pada tahap yang ketiga yakni tahap develop karena terkendalanya waktu dan biaya. Data yang diperoleh dari hasil validasi berupa data kuantitatif dan kualitatif dianalisis sesuai dengan karakteristik komponen bahan ajar. Data kuantitatif diperoleh melalui angket penilaian yang menggunakan skala Likert empat tingkat untuk mengetahui kelayakan bahan ajar. Data kualitatif diperoleh melalui lembar komentar dan saran dan digunakan sebagai dasar untuk revisi bahan ajar sehingga menghasilkan produk bahan ajar tervalidasi. 12288 12288 12288 12288 Produk pengembangan yang dihasilkan berupa Bahan Ajar Struktur Atom Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan ciri menganalisis sumber informasi berupa artikel maupun tabel. Berdasarkan hasil angket penilaian diperoleh persentase kelayakan bahan ajar sebesar 88 9% yang menggambarkan bahwa bahan ajar ini sangat layak untuk digunakan sebagai panduan pembelajaran maupun sumber belajar dalam pembelajaran struktur atom berbasis inkuiri terbimbing di SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item View Item