Pengembangan bahan ajar Ipa-Kimia berbasis learning cycle 3-e pada bahan kajian asam basa untuk peserta didik SMP kelas VII sesuai kurikulum 2013 / Oktaviani Harlita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar Ipa-Kimia berbasis learning cycle 3-e pada bahan kajian asam basa untuk peserta didik SMP kelas VII sesuai kurikulum 2013 / Oktaviani Harlita

Harlita, Oktaviani (2014) Pengembangan bahan ajar Ipa-Kimia berbasis learning cycle 3-e pada bahan kajian asam basa untuk peserta didik SMP kelas VII sesuai kurikulum 2013 / Oktaviani Harlita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harlita Oktaviani. 2014. Pengembangan Bahan Ajar IPA-Kimia Berbasis Learning Cycle 3-E pada Bahan Kajian Asam Basa untuk Peserta didik SMP Kelas VII Sesuai Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Parlan M. Si. (2) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd M.Si. Kata kunci bahan ajar learning cycle 3-E asam basa kurikulum 2013 12288 12288 12288 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 menyatakan kelemahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang menjadi dasar perubahan Kurikulum 2013. Perubahan dan pengembangan Kurikulum 2013 didukung oleh hasil TIMSS dan PISA (Mulyasa 2013 60). Mulyasa (2013 49) menyatakan kunci sukses dari keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 ditentukan oleh adanya fasilitas dan sumber belajar. Salah satu pendekatan yang terdapat pada Kurikulum 2013 adalah pendekatan konstruktivisme. Untuk mencapai keberhasilan Kurikulum 2013 perlu dikembangkan bahan ajar sebagai sumber belajar dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam bentuk model pembelajaran daur belajar atau learning cycle. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar IPA-kimia berbasis learning cycle 3-E pada bahan kajian asam basa untuk peserta didik SMP kelas VII SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013. 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar dengan menggunakan desain pengembangan four-D rancangan Thiagarajan (1974). Tahapan yang dilakukan adalah (1) tahap perencanaan (define) (2) tahap perancangan (design) (3) tahap pengembangan (develop) dan (4) tahap penyebaran (disseminate). Namun dalam pengembangan bahan ajar ini tahap keempat yaitu tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena masih terbatas pada uji coba produk. Bahan ajar divalidasi oleh 4 ahli yaitu 2 dosen dan 2 guru serta dilakukan uji keterbacaan pada 10 peserta didik. Data hasil validasi terdiri dari dua jenis yaitu data kuantitatif dan kualitatif. 12288 12288 12288 Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar IPA-kimia pada bahan kajian asam basa berbasis learning cycle 3-E untuk peserta didik SMP kelas VII SMP/MTs sesuai Kurikulum 2013. Bahan ajar ini terdiri dari dua jenis yakni buku peserta didik dan buku guru. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli menunjukkan persentase rata-rata sebesar 76 4% untuk buku peserta didik dan 78 7% untuk buku guru. Hasil validasi menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan ini valid atau layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada kelas VII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22107

Actions (login required)

View Item View Item