Pengembangan bahan ajar IPA berbasis learning cycle 3-e pada bahan kajian bahan kimia dalam kehidupan untuk kelas VIII SMP/MTs sesuai kurikulum 2013 / Winona Wahyusasi Anggraeni

Anggraeni, Winona Wahyusasi (2014) Pengembangan bahan ajar IPA berbasis learning cycle 3-e pada bahan kajian bahan kimia dalam kehidupan untuk kelas VIII SMP/MTs sesuai kurikulum 2013 / Winona Wahyusasi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraeni, Winona Wahyusasi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar IPA-Kimia Berbasis Learning Cycle 3-E pada Bahan Kajian Bahan Kimia dalam Kehidupan untuk Kelas VIII SMP/MTs Sesuai Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Parlan, M. Si., (2) Dr. Yahmin, S.Pd., M. Si. Kata Kunci: bahan ajar, learning cycle 3-E, IPA-SMP, pendekatan saintifik, kurikulum 2013 Peraturan Pemerintah No.23 Tahun 2013 telah menjelaskan bahwa salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan penataan ulang kurikulum. Mulyasa (2013:39) menyatakan salah satu kunci sukses keberhasilan kurikulum 2013 dalam menghasilkan insan yang produktif, kreatif, dan inovatif adalah sumber belajar dan pemilihan pendekatan pembelajaran. Salah satu pendekatan yang terdapat pada kurikulum 2013 adalah pendekatan konstruktivisme. Upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai keberhasilan kurilukum 2013 tersebut adalah mengembangkan bahan ajar sebagai sumber belajar yang menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam bentuk model daur belajar atau learning cycle. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar IPA-kimia berbasis learning cycle 3-E pada bahan kajian bahan kimia dalam kehidupan untuk kelas VIII SMP/MTS sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar dengan menggunakan desain pengembangan four-D rancangan Thiagarajan (1974). Tahapan yang dilakukan adalah: (1) tahap perencanaan (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap penyebaran (disseminate). Namun, dalam pengembangan bahan ajar ini tahap keempat yaitu tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena masih terbatas pada uji coba produk. Draf hasil pengembangan divalidasi oleh 4 validator ahli dan dilakukan uji keterbacaan oleh 10 orang peserta didik. Data hasil validasi terdiri dari dua jenis, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar IPA-kimia pada bahan kajian bahan kimia dalam kehidupan berbasis learning cycle 3-E untuk kelas VIII SMP/MTs sesuai kurikulum 2013. Bahan ajar ini terdiri dari dua jenis yakni buku peserta didik dan buku guru. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli menunjukkan persentase rata-rata sebesar 79,6% untuk buku peserta didik dan 77,0% untuk buku guru. Hasil validasi menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan ini valid atau layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada kelas VIII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22104

Actions (login required)

View Item View Item