Analisis pemahaman konsep sifat periodik unsur pada siswa SMA kelas XI di SMAN 1 Dampit tahun ajaran 2013/2014 / Kurnia Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep sifat periodik unsur pada siswa SMA kelas XI di SMAN 1 Dampit tahun ajaran 2013/2014 / Kurnia Agustin

Agustin, Kurnia (2014) Analisis pemahaman konsep sifat periodik unsur pada siswa SMA kelas XI di SMAN 1 Dampit tahun ajaran 2013/2014 / Kurnia Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustin Kurnia. 2014. Analisis Pemahaman Konsep Sifat Periodik Unsur Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dampit Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu M.Si. (2) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd M.Si. Kata kunci pemahaman konsep kimia sifat-sifat periodik unsur Salah satu mata pelajaran di SMA yang memiliki beragam konsep abstrak adalah mata pelajaran kimia. Konsep-konsep dalam materi pelajaran kimia sebagian besar bersifat abstrak dan sangat luas. Pemahaman konsep yang abstrak ini memerlukan tingkat kemampuan intelektual yang tinggi. Salah satu materi kimia SMA yang memilki konsep yang abstrak adalah sifat periodik unsur. Sifat periodik unsur adalah salah satu konsep dasar kimia yang harus dipahami siswa untuk mempelajari konsep kimia yang lainnya misalnya konsep-konsep dalam materi kimia unsur dan ikatan kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi sifat periodik unsur meliputi energi ionisasi afinitas elektron keelektronegatifan jari-jari atom dan jari-jari ion. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dampit tahun ajaran 2013/2014 terdiri atas 2 kelas yang berjumlah 57 siswa. Sampel dipilih dengan teknik cluster sample (sampel kelompok). Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman sifat periodik unsur. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan 4 alternatif jawaban dengan satu jawaban benar. Jawaban soal disertai alasan mengapa memilih jawaban tersebut. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Statistik deskriptif ini berusaha untuk mengidentifikasi pemahaman siswa terhadap materi sifat periodik unsur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa SMAN 1 Dampit terhadap materi sifat-sifat periodik unsur adalah 65 3% siswa yang memiliki pemahaman tinggi terhadap konsep konfigurasi elektron dan hanya 40 13% siswa yang dapat memahami konsep jari-jari atom sedangkan 59 87% siswa salah menginterpretasikan. Sebanyak 23 38% siswa yang dapat memahami konsep jari-jari ion dan 76 62% siswa belum memahami konsep jari-jari ion dengan benar. Sebanyak 29 4% siswa mampu memahami konsep afinitas elektron dengan baik sedangkan 70 6% siswa masih belum bisa memahami konsep afinitas elektron dengan baik. Sebanyak 47 4% siswa mampu memahami konsep energi ionisasi dengan benar dan sebanyak 65 5% siswa memiliki tingkat pemahaman yang tinggi terhadap konsep keelektronegatifan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa SMAN 1 Dampit memiliki tingkat pemahaman yang rendah terhadap materi sistem periodik unsur terutama pada beberapa konsep seperti jari-jari atom jari-jari ion afinitas elektron dan energi ionisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22103

Actions (login required)

View Item View Item