Identifikasi pemahaman konsep-konsep materi hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun tahun ajaran 2013/2014 / Nurril Mujiwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konsep-konsep materi hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun tahun ajaran 2013/2014 / Nurril Mujiwati

Mujiwati, Nurril (2014) Identifikasi pemahaman konsep-konsep materi hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun tahun ajaran 2013/2014 / Nurril Mujiwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mujiwati Nurril. 2014. Identifikasi Pemahaman Konsep Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Muhammad Su aidy M. Pd. (II) Drs. Ida Bagus Suryadharma M. S. Kata Kunci pemahaman konsep hidrolisis garam 12288 12288 12288 12288 Ilmu kimia bersifat abstrak berurutan atau berjenjang dan berkembang dengan cepat. Dengan demikian penguasaan konsep dasar sangat mempengaruhi konsep lanjut yang terkait dengan konsep dasar. Meteri asam basa dan hidrolisis garam merupakan materi yang saling terkait. Konsep kekuatan asam basa dan konsep asam basa Bronsted Lowry merupakan konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari konsep hidrolisis garam. Oleh karena itu kesalahan pemahaman konsep asam basa akan mempengaruhi konsep hidrolisis garam. Hal ini mendorong diadakannya penelitian tentang tingkat pemahaman konsep hidrolisis garam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase siswa yang memahami (1) definisi hidrolisis garam (2) jenis-jenis hidrolisis garam (3) sifat-sifat larutan garam (4) cara penentuan pH suatu larutan garam hasil reaksi antara asam kuat dan basa lemah (5) cara penentuan pH suatu larutan garam hasil reaksi antara asam lemah dan basa kuat (6) cara penentuan pH suatu larutan garam hasil reaksi antara asam lemah dan basa lemah (7) cara penentuan pH suatu larutan garam hasil pelarutan garam dalam air (8) cara penentuan konsentrasi suatu garam dari pH larutan garam yang diketahui (9) dan konsep-konsep yang mendasari materi hidrolisis garam (konsep mol konsep penulisan persamaan reaksi dan konsep penentuan pH larutan garam yang mengalami hidrolisis). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 182 siswa dan terbagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 3 dan XI IPA 6 yang berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik acak kelompok sederhana dengan cara undian kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 10 soal yang valid dengan validitas isi tergolong tinggi (68 20%) dan validitas butir soal tergolong tinggi (0 73). Reliabilitas butir soal tergolong sangat tinggi yaitu 0 85. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dengan perhitungan persentase. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun yang memahami sub pokok bahasan pengertian hidrolisis garam tergolong rendah yaitu sebesar 54 0% jenis-jenis hidrolisis garam tergolong rendah yaitu sebesar 40 5% sifat-sifat larutan hidrolisis garam tergolong rendah yaitu sebesar 31 8% penentuan pH suatu larutan garam dari hasil reaksi antara asam kuat dan basa lemah tergolong tinggi yaitu sebesar 66 6% penentuan pH suatu larutan garam dari hasil reaksi antara asam lemah dan basa kuat tergolong tinggi yaitu sebesar 73 4% penentuan pH suatu larutan garam dari hasil reaksi antara asam lemah dan basa lemah tergolong rendah yaitu sebesar 33 7% penentuan pH suatu larutan garam dari hasil pelarutan garam dalam air tergolong sangat rendah yaitu sebesar 29 8% penentuan konsentrasi suatu garam dari pH larutan garam yang diketahui tergolong cukup tinggi yaitu sebesar 56 4% tiga konsep yang mendasari materi hidrolisis tentang konsep mol konsep penulisa persamaan reaksi dan konsep perhitungan pH dengan rincian konsep mol tergolong cukup tinggi yaitu sebesar 61 4% konsep penulisan persamaan reaksi tergolong sangat rendah yaitu sebesar 32 1% dan konsep perhitungan pH larutan garam yang mengalami hidrolisis tergolong cukup tinggi yaitu sebesar 55 63%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22101

Actions (login required)

View Item View Item