Persepsi mahasiswa terhadap penerapan E-Learning dalam pemblajaran di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Anggita Andariyanti.E.A.

Andariyanti.E.A., Anggita (2011) Persepsi mahasiswa terhadap penerapan E-Learning dalam pemblajaran di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Anggita Andariyanti.E.A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: persepsi, e-learning, Jurusan Teknologi Pendidikan Setiap orang pasti akan memiliki pandangan atau pendapat tentang sesuatu yang dilihat atau dirasakannya, hal ini kemudian dipersepsikan. Persepsi dapat berupa tindakan positif, negative atau bahkan tidak ada tindakan apa-apa. JurusanTeknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang menerapan e-learning dalam kegiatan pembelajarannya dengan menggunakan web site resmi sebagai media online. Mahasiswa tidak harus bertatap muka dengan dosen dalam ruang kelas, dengan syarat harus terkoneksi dengan internet dan terintegrasi dalam network yang dibangun oleh Jurusan Teknologi Pendidikan. Hal ini akan menimbulkan persepsi yang berbeda-beda pada setiap mahasiswa terhadap sistem perkuliahan yang mereka ikuti, respon yang mereka berikan juga akan berbeda pada setiap individu. Berkaitan dengan itu, peneliti melaksanakan penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa jurusan teknologi pendidikan dan akibat dari persepsi tersebut terhadap motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan instrument skala likert, data penelitian ini diolah dalam bentuk angka, dijabarkan secara sederhana dengan menggunakan kata-kata. Penjabaran menggunakan kata ini diharapkan akan memberikan pemahaman lebih bagi pembaca. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh fakta dan kesimpulah sebagai berikut. Diketahu bahwa 40,4% mahasiswa menyatakan bahwa e-learning saat ini telah dibutuhkan mahasiswa untuk membantu proses belajarnya, namun 27,1% mahasiswa merasa kurang nyaman dan termotivasi untuk memanfaatkan e-learning dalam kegiatan perkuliahan. Secara keseluruhan variabel yang telah digunakan dalam penelitian ini mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap penerapan e-learning di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Untuk varibel kebutuhan e-learning responden berpendapat bahwa e-learning cukup dibutuhkan oleh mahasiswa, hal ini terbukti dengan hasil perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti pada variabel tingkat pelayanan dan tingkat kepuasan. Beberapa data menunjukkan responden kurang puas terhadap tingkat pelayanan yang diberikan dalam penerapan e-learning yang telah dilaksanakan. Hal ini akan mengurangi motivasi dan antusias mahasiswa jika tidak segera ditangani, baik dari segi teknologi, jam tatap muka dengan dosen dan segi akses mahasiswa terhadap segala hal yang terkait dengan perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item