Pemahaman konsep laju reaksi siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Dwi Puji Astuti

Astuti, Dwi Puji (2014) Pemahaman konsep laju reaksi siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Dwi Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astuti, Dwi Puji. 2014. Pemahaman Konsep Laju Reaksi Siswa Kelas XI-IPA SMA Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu, M.Si, (II) Drs. Ida Bagus Suryardharma, M.S. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Laju Reaksi     Pemahaman konsep dalam kimia ditentukan oleh tiga representasi kimianya, yaitu makroskopik, sub-mikroskopik dan simbolik. Representasi makroskopik mengacu pada kajian nyata terhadap suatu peristiwa kimia, representasi sub-mikroskopik mengacu pada kajian partikulat suatu materi yang dapat menjelaskan peristiwa pada representasi makroskopik, sedangkan representasi simbolik mengacu pada persamaan matematis maupun kimia yang dapat menjelaskan hubungan pada representasi makroskopik dan sub-mikroskopiknya. Memahami ketiga representasi kimia ini sering dianggap sulit oleh siswa. Apabila siswa tidak dapat memahami dan menghubungkan ketiga representasi ini, maka terjadi salah konsep. Dalam belajar kimia, siswa harus dituntut untuk memahami konsep bukan hanya sekedar hafalan rumus. Penelitian ini menggunakan materi laju reaksi karena materinya dapat diaplikasikan ke dalam representasi makroskopik, sub-mikroskopik dan simbolik. Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pemahaman konsep materi laju reaksi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang, (2) hubungan ketiga representasi kimia, yaitu makroskopik, sub-mikroskopik, dan simboliknya, (3) tingkat kesalahan konsepsi materi laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang, (4) konsepsi-konsepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang yang salah pada materi laju reaksi.     Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 62 siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 4 Malang yang dipilih berdasarkan undian kelas. Instrumen penelitian menggunakan 20 tes soal obyektif materi laju reaksi yang validitas isinya sebesar 96,7% terdiri dari 17 soal valid dan 3 soal tidak valid yang sudah diperbaiki, sedangkan reliabilitasnya sebesar 0,81. Data penelitian dianalisis berdasarkan persentase jawaban siswa yang benar dan sebaran jawaban salah pada tiap-tiap butir soal, sedangkan analisis hubungan ketiga representasi kimia menggunakan uji regresi.     Hasil penelitian pemahaman materi laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut: (1) tingkat pemahaman konsep materi laju reaksi masih kurang, (2) adanya hubungan yang signifikan antara representasi makroskopik-simbolik, dan representasi sub-mikroskopik-simbolik, sedangkan untuk representasi makroskopik-simbolik tidak ada hubungan yang signifikan, (3) tingkat kesalahan konsepsi materi laju reaksi cukup tinggi. Urutan kesalahan konsep mulai dari terendah hingga tertinggi adalah kesalahan konsep pada representasi makroskopik, simbolik, dan sub-mikroskopik, (4) konsepsi-konsepsi yang dialami siswa ialah (a) representasi sub-mikroskopik meliputi menentukan perbedaan tumbukan efektif dan tumbukan tidak efektif, membedakan energi aktivasi dan energi kinetik, menentukan konsep teori tumbukan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, dan mekanisme kerja katalis, (b) reprsentasi simbolik meliputi menentukan persamaan laju reaksi, menentukan grafik penguraian laju reaksi, grafik hubungan suhu dengan laju reaksi, grafik reaksi yang ditambah katalis dengan reaksi tanpa katalis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22092

Actions (login required)

View Item View Item