Pengembangan bahan ajar kimia unsur, tatanama dan penyetaraan reaksi serta hukum dasar kimia untuk SMK kelas X dengan model learning cycle 5-E / Fithra Anggoro Ariadi

Ariadi, Fithra Anggoro (2014) Pengembangan bahan ajar kimia unsur, tatanama dan penyetaraan reaksi serta hukum dasar kimia untuk SMK kelas X dengan model learning cycle 5-E / Fithra Anggoro Ariadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ariadi, Fithra Anggoro. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Unsur,Tatanama dan Penyetaraan Reaksi serta Hukum Dasar Kimia untuk SMK Kelas X dengan Model Learning Cycle 5-E. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Dasna. M.Si, M.Ed, Ph.D. Pembimbing (II) Dra. Hayuni Retno Widarti, M.Si. Kata kunci: Model Learning Cycle 5-E, pengembangan bahan ajar, kimia unsur    Pada penelitian ini dikembangkan bahan ajar kimia dengan pendekatan model Learning Cycle 5-E, bahan ajar tersebut ditujukan untuk pembelajaran kimia di SMK. Pembelajaran di SMK merupakan jembatan antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Kimia unsur, tatanama dan penyetaraan reaksi serta hukum dasar kimia merupakan topik-topik yang diajarkan di SMK. Pembelajaran kimia di SMK membutuhkan bahan ajar yang relevan dengan karakteristik siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pada pokok bahasan materi kimia unsur, tatanama dan penyetaraan reaksi dan hukum dasar dengan model Learning Cycle 5-E untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas X serta menguji tingkat kelayakannya.    Bahan Ajar dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Validasi hasil pengembangan dengan cara validasi isi yang dilaksanakan oleh validator yaitu terdiri dari 2 guru SMKN 2 Batu yang berkompeten dan satu dosen kimia Universitas Negeri Malang. Untuk uji keterbacaan dilakukan pada 10 siswa SMK Negeri 2 Batu. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi dengan skala Likert. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket, sedangkan data kualitatif berupa komentar, kritik, dan saran dari validator    Hasil pengembangan adalah bahan ajar kimia unsur, tatanama dan penyetaraan reaksi serta hukum dasar kimia terdiri dari beberapa bagian yaitu: pendahuluan, isi, dan penutup. Bahan ajar hasil pengembangan terdiri atas 3 kegiatan belajar yaitu kegiatan belajar 1 lambang unsur dan senyawa, sistem periodik, ikatan kimia serta bentuk molekul. Kegiatan belajar 2 tatanama dan penyetaraan reaksi kimia sederhana. Kegiatan belajar 3 hukum dasar kimia. Data hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata 3,53 yang berarti valid/baik/layak. Selain itu, hasil keterbacaan dari 10 siswa dengan 17 aspek penilaian bahan ajar menunjukkan nilai rata-rata 3,44 yang berarti valid/baik/layak. Dengan demikian berdasar validasi isi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kimia hasil pengembangan layak digunakan di SMK namun masih perlu dilakukan uji lapangan oleh guru di SMK Kelas X sebagai penunjang KTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22091

Actions (login required)

View Item View Item