Pengaruh penerapan model pembelajaran daur belajar 6 fase berbantuan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 Malang pada materi reaksi Redoks / Suchory Sapto Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran daur belajar 6 fase berbantuan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 Malang pada materi reaksi Redoks / Suchory Sapto Putri

Putri, Suchory Sapto (2014) Pengaruh penerapan model pembelajaran daur belajar 6 fase berbantuan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 Malang pada materi reaksi Redoks / Suchory Sapto Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Suchory Sapto. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Daur Belajar 6 Fase Berbantuan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 5 Malang Pada Materi Reaksi Redoks. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (2) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. Kata kunci Model pembelajaran Daur Belajar 6 Fase Think Pair Share Hasil Belajar Reaksi Reduksi Oksidasi 12288 12288 12288 12288 Kimia merupakan ilmu pengetahuan yang sebagian konsepnya bersifat abstrak. Pembelajaran kimia di kelas X MIPA SMAN 5 Malang sering menggu-nakan metode penjelasan langsung dari guru. Kekurang-an dari metode ini adalah menjadikan peserta didik menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran karena me-reka kurang memi-liki ke-sempatan untuk mengembangkan pola berpikir kognitif mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ada/tidaknya per-bedaan hasil belajar kognitif siswa di kelas yang diajar dengan model pembelaja-ran Daur Belajar 6 Fase berbantuan Think Pair Share (TPS) dengan siswa di kelas yang diajar dengan model pembe-lajar-an Daur Belajar 6 Fase saja pada materi reaksi redoks dan (2) bagaimana hasil belajar afektif siswa di kedua kelas. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (quasy experi-mental design) dengan postes saja dan rancangan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa ke-las X MIPA SMAN 5 Malang tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen (dibelajarkan dengan model Daur Belajar 6 Fase-TPS) dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kon--trol (dibelajarkan dengan model Daur Belajar 6 Fase saja). Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan (silabus RPP worksheet) dan instrumen pengukuran (soal tes evaluasi dan lembar pengamatan afektif) yang te-lah divalidasi oleh 3 validator (1 dosen dan dua guru kimia). Data hasil tes evalu-a-si dianalisis dengan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipo-te-sis dengan uji-t untuk mengetahui ada/tidaknya perbedaan hasil belajar kognitif siswa sedang-kan data hasil belajar afektif dijelaskan dengan melalui perbandingan persentase total skor yang diperoleh siswa dari hasil pengamatan oleh 3 observer . 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa di kelas yang diajar dengan model Daur Belajar 6 Fase-TPS dengan siswa di kelas yang diajar dengan model Daur Belajar 6 Fase saja pada ma---teri reaksi redoks. Meskipun demikian nilai rata-rata seluruh siswa di ke-las eks-pe-rimen lebih tinggi (82 36) dibandingkan kelas kontrol (78 30) dan (2) ha-sil belajar afektif siswa di kelas eksperimen sedikit lebih baik dibanding-kan hasil belajar afektif siswa di kelas kontrol dengan presentase rata-rata skor siswa kelas eksperimen mencapai 83% dan kelas kontrol mencapai 79%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item View Item