Pengembangan panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup dengan strategi Structured Learning Approach (SLA) untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Novia Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup dengan strategi Structured Learning Approach (SLA) untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Novia Damayanti

Damayanti, Novia (2015) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup dengan strategi Structured Learning Approach (SLA) untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Novia Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti Novia. 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Menyusun Perencanaan Hidup dengan Strategi Structured Learning Approach (SLA) untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. (II) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes. Kata kunci keterampilan menyusun perencanaan hidup Structured Learning Approach (SLA) Keterampilan menyusun perencanaan hidup merupakan kemampuan merangkai tindakan yang disusun terkait untuk mempersiapkan kegiatan yang ingin dikerjakan agar lebih efektif untuk mencapai tujuan hidup. Dalam merencanakan hidup diperlukan proses yang panjang dan bukan merupakan pemikiran yang sesaat. Keterampilan menyusun perencanaan hidup penting dimiliki oleh setiap individu dalam merumuskan tujuan di masa depannya secara optimal sehingga kehidupannya menjadi terarah. Terdapat lima sub keterampilan didalam keterampilan menyusun perencanaan hidup yang terdiri dari 1) Menentukan sesuatu untuk dikerjakan (deciding on something to do) 2) Menetapkan tujuan (setting a goal) 3) Mengumpulkan berbagai informasi (gathering information) 4) Menyusun masalah berdasarkan kepentingan (arranging problems by importance) dan 5) Membuat keputusan (making a decision). Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menyusun perencanaan hidup adalah dengan membuat panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup. Metode yang digunakan dalam panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup adalah dengan menggunakan metode pembelajaran terstruktur atau Structured Learning Approach (SLA). Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup yang memenuhi kriteria keberterimaan. Metode pengembangan mengadaptasi prosedur Borg and Gall (1983) yang dikemas dalam tiga tahapan yaitu tahap perencanaan tahap pengembangan produk dan tahap uji coba produk. Tahap perencanaan meliputi asesmen kebutuhan dan studi literature. Tahap pengembangan menghasilkan draft panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup dan alat evalusai produk yang mengadopsi dari skala akseptabilitas oleh Handarini (2000). Tahap uji coba terdiri dari dua uji yakni penilaian ahli dan penilaian calom pengguna produk. Analisis data hasil penilaian ahli dan penilaian calon pengguna produk menggunakan Inter-rater Agreement. Panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup telah melalui penilaian dari ahli dan calon pengguna yang mencakup empat aspek penilaian yaitu keguanaan kelayakan ketepatan dan kepatutan. Berdasarkan hasil penilaian yang telah diberikan oleh ahli dan calon pengguna produk diketahui bahwa panduan pelatihan yang dikembangkan oleh pengembang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Sehingga panduan pelatihan yang dikembangkan dapat dijadikan media untuk mempermudah konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup dapat digunakan oleh konselor sebagai panduan dalam memberikan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup kepada peserta didik. Pengembangan panduan pelatihan ini dapat dilanjutkan dengan menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen untuk menguji efektifitas panduan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan menyusun perencanaan hidup peserta didik. Selain itu perlu untuk dikembangkannya keterampilan-keterampilan lain selain kelima jenis keterampilan yang telah dikembangkan dalam panduan pelatihan keterampilan menyusun perencanaan hidup. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item