Identifikasi tingkat pemahaman konsep larutan penyangga aspek makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada siswa kelas XI IPA SMAN 3 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Yusria Izzatul Ulva - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi tingkat pemahaman konsep larutan penyangga aspek makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada siswa kelas XI IPA SMAN 3 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Yusria Izzatul Ulva

Ulva, Yusria Izzatul (2014) Identifikasi tingkat pemahaman konsep larutan penyangga aspek makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada siswa kelas XI IPA SMAN 3 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Yusria Izzatul Ulva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulva Yusria Izzatul. 2014. Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Aspek Makroskopik Submikroskopik dan Simbolik pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Malang Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Santosa M.Si. (II) Drs. H. Parlan M.Si. Kata kunci makroskopik submikroskopik simbolik pemahaman siswa larutan penyangga Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari materi meliputi struktur susunan sifat energi dan perubahannya. Konsep-konsep dalam kimia merupakan konsep yang abstrak dan berkelanjutan. Belajar kimia secara bermakna memerlukan pemahaman keterkaitan kajian konsep dari tiga aspek yaitu aspek makroskopik (sifat-sifat yang dapat diamati) aspek partikulat (submikroskopik) yakni atom atau molekul sebagai pembawa sifat zat dan aspek simbolik (Johnstone 2006 58). Materi larutan penyangga merupakan salah satu bahan kajian kimia yang mencakup aspek makroskopik submikroskopik dan simbolik. Pembelajaran kimia yang tidak didukung oleh pemahaman submikroskopik akan menimbulkan miskonsepsi. Oleh karena itu identifikasi tingkat pemahaman siswa pada materi laarutan penyangga yang mencakup tiga aspek perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada materi larutan penyangga aspek (1) makroskopik (2) submikroskopik dan (3) simbolik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 8 kelas dengan sampel sebanyak dua kelas yang berjumlah 62 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dikarenakan dari 8 kelas yang ada hanya ada 3 kelas yang diijinkan serta memungkinkan untuk proses pengambilan data. Pengambilan data dilakukan pada kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7 sementara kelas XI IPA 5 digunakan sebagai kelas untuk uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa tes tertulis yang berjumlah 28 butir soal pilihan ganda yang dibagi ke dalam tiga aspek yang berbeda yaitu aspek makroskopik sebanyak 8 buah soal submikroskopik sebanyak 6 buah soal dan simbolik sebanyak 14 buah soal. Berdasarkan hasil verifikasi diperoleh validitas isi instrumen sebesar 95 23%. Reliabilitas yang dihitung menggunakan software program statistik anates ver 4.0.9 sebesar 0 94. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan dianalisis dengan perhitungan persentase jawaban benar. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman siswa pada materi larutan penyangga aspek makroskopik termasuk kriteria sangat tinggi (88 11%) (2) Tingkat pemahaman siswa pada materi larutan penyangga aspek submikroskopik termasuk kriteria sangat kurang (18 01%) (3) Tingkat pemahaman siswa pada materi larutan penyangga aspek simbolik termasuk kriteria sedang (52 99%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22089

Actions (login required)

View Item View Item