Tingkat pemahaman aspek makroskopik, mikroskopik, dan sombolik konsep asam basa kelas XI SMK Negeri 11 Malang / Siti Mariyam - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat pemahaman aspek makroskopik, mikroskopik, dan sombolik konsep asam basa kelas XI SMK Negeri 11 Malang / Siti Mariyam

Mariyam, Siti (2014) Tingkat pemahaman aspek makroskopik, mikroskopik, dan sombolik konsep asam basa kelas XI SMK Negeri 11 Malang / Siti Mariyam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mariyam Siti. 2014. Tingkat Pemahaman Aspek Makroskopik Mikroskopik dan Simbolik Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Moh. Sodiq Ibnu M.Si (II) Dra. Hj. Fauziatul Fajaroh M.S Kata Kunci Makroskopik Mikroskopik Simbolik asam basa 12288 12288 12288 12288 Ilmu kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur materi sifat-sifat materi perubahan materi energi yang menyertai perubahan materi serta manfaat dari materi tersebut. Materi yang dipelajari dalam ilmu kimia adalah semua benda yang menempati ruang mempunyai massa dan sifat tertentu sehingga hampir semua benda yang ada di alam merupakan materi yang dipelajari dalam ilmu kimia. Para kimiawan mengklasifikasikan fenomena kimia ke dalam tiga tingkat representasi yang berbeda yakni makroskopik mikroskopik dan simbolik yang ketiganya saling memiliki keterkaitan satu sama lain. Untuk membangun pemahaman konseptual dalam ilmu kimia yang baik dan benar membutuhkan kemampuan untuk merepresentasikan menerjemahkan dan menyesuaikan strategi dan kondisi pembelajaran dengan masalah-masalah kimia dalam bentuk representasi makroskopik mikroskopik dan simbolik secara simultan. Apabila siswa tidak bisa memahami salah satu dari ketiganya maka siswa tidak akan memperoleh pemahaman konsep yang utuh dan menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa pada aspek makroskopik mikroskopik dan simbolik dari konsep asam basa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 11 Malang. Sampel yang digunakan terdiri dari kelas XI Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan XI Multimedia (MM). Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode kluster sederhana. Instrumen penelitian berupa tes tertulis yang berjumlah 28 soal pilihan ganda kombinasi dari soal pemahaman aspek makroskopik mikroskopik dan simbolik pada materi asam basa dengan lima alternatif jawaban. instrumen penelitian telah divalidasi oleh 1 orang dosen jurusan kimia dan 1 orang guru mata pelajaran kimia. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) Tingkat pemahaman konsep asam basa pada aspek makroskopik siswa kelas XI SMK Negeri 11 Malang termasuk dalam kategori tinggi persentase jumlah siswa yang menjawab benar sebesar 66 9%. (2) Tingkat pemahaman konsep asam basa pada aspek mikroskopik siswa kelas XI SMK Negeri 11 Malang termasuk dalam kategori rendah persentase jumlah siswa yang menjawab benar sebesar 48 1%. (3) Tingkat pemahaman konsep asam basa pada aspek simbolik siswa kelas XI SMK Negeri 11 Malang termasuk dalam kategori cukup persentase jumlah siswa yang menjawab benar sebesar 55 7%. (4) Hubungan tingkat pemahaman konsep asam basa pada aspek makroskopik mikroskopik dan simbolik adalah bahwa pemahaman siswa pada aspek makroskopik tidak mempengaruhi aspek mikroskopik maupun simbolik atau sebaliknya. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22085

Actions (login required)

View Item View Item