Pengembangan handout berbasis multi-frame illustrastions untuk materi laju reaksi / Malihatun Nisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan handout berbasis multi-frame illustrastions untuk materi laju reaksi / Malihatun Nisa'

Nisa', Malihatun (2014) Pengembangan handout berbasis multi-frame illustrastions untuk materi laju reaksi / Malihatun Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nisa Malihatun. 2014. Pengembangan Handout berbasis Multi-frame Illustration untuk Materi Laju Reaksi. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yahmin S.Pd. M.Si (II) Drs. Muhadi Kata Kunci Handout Multi-frame Illustration Laju Reaksi Ilmu kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang dipelajari di SMA. Ilmu kimia menjadi pelajaran yang sulit difahami oleh beberapa siswa karena karakteristiknya bersifat abstrak. Salah satu materi dalam ilmu kimia yang di dalamnya terdapat konsep yang abstrak adalah materi laju reaksi sehingga diperlukan adanya media yang bisa memberikan visualisasi terhadap konsep yang abstrak tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan adalah handout. Handout berbasis multi-frame illustration merupakan media pembelajaran cetak yang isinya lebih menekankan pada ilustrasi gambar ilustrasi tersebut terdiri dari frameframe yang saling terkait secara kronologis sebagai upaya visualisasi terhadap konsep yang abstrak. Tujuan dari pengembangan Handout berbasis multi-frame illustration untuk materi laju reaksi adalah 1) Untuk menghasilkan produk berupa handout berbasis multi-frame illustration sebagai suplemen pembelajaran kimia untuk materi laju reaksi 2) Untuk menguji kelayakan handout berbasis multi-frame illustration pada materi laju reaksi. Model pengembangan handout berbasis multi-frame illustration merupakan model pengembangan prosedural yang mengacu pada model pengembangan Thiagarajan dan Semmel yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pembatasan) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran) namun karena keterbatasan waktu dan biaya dari keempat tahap tersebut dibatasi pada tahap ketiga. Uji coba produk didesain dengan menggunakan validasi isi oleh validator dan validasi persepsi siswa terhadap handout yang dikembangkan. Subjek pada penelitian ini adalah 4 orang validator yang terdiri dari dosen dan guru kimia SMA dan 10 siswa SMA Ma arif Sukorejo. Hasil penelitian diperoleh 1) hasil pengembangan adalah handout berbasis mutiframe illustration untuk materi laju reaksi terdiri dari beberapa bagian yaitu halaman muka kata pengantar petunjuk penggunaan handout daftar isi pendahuluan bagian inti yang terdiri dari gambar ilustrasi pertanyaan konstruksi konsep berdasarkan gambar dan kotak catatan bagian suplemen terdiri dari fakta kimia dan buku pedoman guru daftar pustaka 2) hasil validasi isi handout untuk aspek isi materi diperoleh nilai rata-rata 3 43 dengan kriteria valid hasil validasi isi untuk aspek tampilan dengan nilai rata-rata 3 28 dengan kriteria valid Hasil validasi persepsi siswa terhadap handout secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 3 37 dengan kriteria valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22083

Actions (login required)

View Item View Item