Pengembangan bahan ajar berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikiur kritis pada materi pencemaran lingkungan dan pemasan global / Halimah Mustika Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikiur kritis pada materi pencemaran lingkungan dan pemasan global / Halimah Mustika Nurhayati

Nurhayati, Halimah Mustika (2014) Pengembangan bahan ajar berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikiur kritis pada materi pencemaran lingkungan dan pemasan global / Halimah Mustika Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhayati Halimah Mustika. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prayitno M.Pd (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed Ph.D. Kata Kunci bahan ajar literasi sains Socio Scientific Issues (SSI) hakikat sains berpikir kritis model 4D 12288 12288 12288 12288 Literasi sains merupakan salah satu tujuan yang tersirat dalam wajib belajar sembilan tahun. Literasi sains ini penting untuk dikuasai karena berkaitan dengan kemampuan untuk menghubungkan pengetahuan dengan isu-isu terkait sains (Socio Scientific Issues SSI). Namun hasil PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih rendah dibandingkan negara-negara lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar berkonteks Socio Scientific Issues (SSI). Bahan ajar ini dapat mengarahkan pada pemahaman hakikat sains melalui pertanyaan maupun pernyataan langsung saat menganalisis SSI. Selain itu bahan ajar ini juga dapat menuntun siswa untuk belajar membuat keputusan terhadap masalah sosial yang berkaitan dengan sains yang dipelajari sehingga secara tidak langsung juga akan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains mereka. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan bahan ajar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global untuk siswa SMP/ MTs kelas VII dan memperoleh penilaian komentar dan saran terhadap bahan ajar hasil pengembangan melalui validasi bahan ajar tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminate). Namun model 4D yang digunakan dalam penelitian ini hanya terbatas sampai tahap develop dan tidak sampai pada tahap disseminate karena keterbatasan waktu tenaga serta biaya. 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga orang dosen yang meliputi dua dosen Program Studi IPA dan satu dosen Jurusan Kimia serta tiga orang Guru IPA SMP. Validasi dilakukan untuk memperoleh data berupa penilaian dan saran-saran dari validator. Berdasarkan hasil validasi dapat diketahui valid tidaknya bahan ajar. Hasil validasi ini kemudian dianalisis secara kualitatif dari saran perbaikan pada angket dan kuantitatif dari validasi rata-rata. Bahan ajar layak digunakan bila interpretasinya 8805 61%. Dari hasil validasi bahan ajar secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 80 8% dengan kriteria layak dan 81 7% untuk buku panduan guru dengan kriteria sangat layak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk mengeksplisitkan kan hakikat sains pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22082

Actions (login required)

View Item View Item