Pegembangan bahan ajar larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing / Reviaty Wido Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pegembangan bahan ajar larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing / Reviaty Wido Permatasari

Permatasari, Reviaty Wido (2014) Pegembangan bahan ajar larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing / Reviaty Wido Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permatasari Reviaty Wido. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.Si. (II) Muntholib S.Pd. M.Si. Kata kunci bahan ajar inkuiri terbimbing larutan elektrolit larutan non elektrolit. Kimia merupakan ilmu yang mempelajari struktur susunan sifat perubahan materi dan energi yang menyertainya. Struktur susunan sifat perubahan materi dan energi yang menyertai perubahan materi merupakan sesuatu yang dapat diamati melalui fenomena yang dapat maupun tidak dapat dimanipulasi variabelnya. Fenomena yang tidak dapat dimanipulasi variabelnya merupakan gejala-gejala alam sedangkan fenomena yang dapat dimanipulasi variabelnya dapat berupa eksperimen. Dengan demikian kimia cenderung mempelajari fenomena-fenomena mengonseptualisasi fenomena dan kemudian menyimbolkannya. Sejalan dengan karakter kimia tersebut proses belajar yang sesuai dengan karakter ilmu kimia adalah inkuiri. Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing merupakan salah satu strategi pendekatan pembelajaran yang nampaknya selaras digunakan dalam bahan ajar ini yang beracuan pada Kurikulum 2013. Pengembangan ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing dan mengetahui kelayakannya. Rancangan model pengembangan bahan ajar yang digunakan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit ini adalah model 4D (4D-Model) oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (membatasi) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (mendeseminasi). Rancangan pengembangan bahan ajar ini hanya dilakukan sampai pada tahap yang ketiga yakni tahap develop karena terkendalanya waktu dan biaya. Data yang diperoleh dari hasil validasi berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis sesuai dengan karakteristik komponen bahan ajar. Bahan ajar divalidasi oleh satu dosen kimia dan tiga guru kimia dengan instrumen validasi berupa angket penilaian yang menggunakan skala Likert empat tingkat disertai dengan lembar komentar dan saran. Revisi berdasarkan komentar dan saran dari validator menghasilkan produk bahan ajar yang tervalidasi. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa Bahan Ajar Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing yang dapat dijadikan sebagai panduan pengajaran bagi guru dan calon guru dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa. Berdasarkan hasil angket penilaian diperoleh persentase kelayakan bahan ajar sebesar 94 82% yang menggambarkan bahwa bahan ajar ini sangat layak untuk digunakan sebagai panduan pengajaran maupun sumber belajar pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing bagi siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22078

Actions (login required)

View Item View Item