Pemahaman konsep bentuk molekul siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Sofyan David Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konsep bentuk molekul siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Sofyan David Ardiansyah

Ardiansyah, Sofyan David (2014) Pemahaman konsep bentuk molekul siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Sofyan David Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardiansyah Sofyan David. 2013. Pemahaman Konsep Bentuk Molekul Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Malang. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S. (II) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata Kunci pemahaman konsep bentuk molekul siswa SMA Pemahaman terhadap suatu konsep dalam materi kimia dan keterkaitan antar konsep yang benar merupakan hal yang sangat penting. Pemahaman konsep dasar yang sederhana merupakan landasan untuk memahami konsep selanjutnya yang lebih kompleks. Konsep bentuk molekul didasari oleh beberapa konsep prasyarat seperti konsep elektron valensi pasangan elektron dan teori domain elektron. Pemahaman konsep-konsep prasyarat tersebut dibutuhkan untuk dapat menentukan bentuk molekul dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman terhadap konsep-konsep prasyarat pemahaman dalam penentuan bentuk molekul serta kesulitan siswa dalam memahami konsep bentuk molekul. 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang yang terdiri dari 6 kelas. Sampel sebanyak 3 kelas yaitu kelas XI IPA 4 XI IPA 5 dan XI IPA 6 diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu cara acak kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dengan 5 alternatif jawaban sejumlah 20 butir soal. Tingkat validitas isi instrumen tergolong sangat tinggi dengan tinggi validitas sebesar 81 7%. Tingkat reliabilitas instrumen juga sangat tinggi dengan angka koefisien reliabilitas sebesar 0 91. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase yang kemudian dikualifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman siswa terhadap konsep-konsep prasyarat tergolong sedang (59 9%) dengan rincian yaitu tingkat pemahaman konsep elektron valensi tergolong sedang (59 1%) tingkat pemahaman konsep pasangan elektron tergolong sedang (64 6%) dan tingkat pemahaman konsep teori domain elektron tergolong sedang (47%) (2) tingkat pemahaman siswa dalam penentuan bentuk molekul tergolong sedang (48 5%) dengan tingkat pemahaman siswa terhadap gambaran tiga dimensi yang rendah (40 4%) (3) kesulitan siswa dalam memahami materi bentuk molekul adalah pasangan elektron bebas tidak berpengaruh terhadap bentuk molekul (17 5%) dan tidak dapat menentukan pasangan elektron bebas dengan tepat (4 2%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item View Item