Pengembangan bahan ajar alkali dan alkali tanah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) / Oktovianus Foembura Mezack - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar alkali dan alkali tanah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) / Oktovianus Foembura Mezack

Mezack, Oktovianus Foembura (2014) Pengembangan bahan ajar alkali dan alkali tanah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) / Oktovianus Foembura Mezack. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mezack Foembura O. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Alkali dan Alkali Tanah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( student Teams Achievement Division). Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.M.Su aidy M.Pd (II) Drs.H.Santosa Msi Kata Kunci bahan ajar alkali dan alkali tanah model kooperatif STAD 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar merupakan seperangkat alat bantu untuk melaksanakan proses belajar mengajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktifitas belajar agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara khusus dan jelas. Adapun tujuan pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh penulis adalah untuk menghasilkan bahan ajar pembelajaran khusus pokok bahasan alkali dan alkali tanah. 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar alkali dan alkali tanah yang dikembangkan ini berdasarkan kurikulum 2013 dan mengacu pada metode ajar kooperatif. Materi alkali dan alkali tanah merupakan salah satu bahan kajian siswa SMA kelas XII semester semester 1. Bahan ajar ini terdiri dari tiga unit kegiatan yaitu (1)Logam alkali (2) Logam alkali tanah (3) Senyawa-senyawa alkali tanah dan air sadah. Masing masing unit memuat kegiatan kegiatan belajar yang akan mengantar siswa untuk memahami konsep alkali dan alkali tanah. 12288 12288 12288 12288 Untuk meningkatkan kualitas bahan ajar penulis melakukan validasi isi. Pada validasi ini diperoleh penilaian komentar dan saran dari para validator bahan ajar. Penilaian komentar dan saran tersebut digunakan sebagai bahan untuk merevisi bahan ajar selanjutnya. Pada validasi isi melibatkan dua validator yaitu dosen kimia yang merupakan dosen pembimbing penulis sendiri. Berdasarkan data penilaian hasil validasi diperoleh bahwa bahan ajar pembelajaran yang dikembangkan adalah valid. Akan tetapi revisi terhadap bahan ajar masih tetap dilakukan sesuai dengan saran dari para validator. 12288 12288 12288 12288 Kelebihan dari bahan ajar yang dikembangkan yaitu materi sesuai dengan kurikulum 2013 dan disusun berdasarkan model belajar kooperatif tipe STAD sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar. Adapun kelemahannya yaitu bahan ajar ini belum diujicobakan kepada siswa. Dengan demikian disarankan bagi pengembang selanjutnya untuk mengujicobakan bahan ajar ini atau bahan ajar yang dikembangkan kepada siswa. Namun demikian bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif dan dapat dimodifiksi sesuai dengan kondisi sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22070

Actions (login required)

View Item View Item