Pengembangan paket buku self management untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa / Ajeng Amelinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket buku self management untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa / Ajeng Amelinda

Amelinda, Ajeng (2015) Pengembangan paket buku self management untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa / Ajeng Amelinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Amelinda Ajeng.2015. Pengembangan Paket Buku Self Management untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Skripsi Jurusan BK Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes (II) Drs.H. Harmiyanto M.Pd. Kata kunci Self management kepercayaan diri Pada fase remaja individu berada pada tahap pencarian jati diri. Individu pada masa remaja mengalami masa peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi fisik minat pola perilaku sehingga menimbulkan banyak masalah dalam dirinya. Perubahan pada masa remaja ini dapat memicu remaja untuk menjadi kurang memiliki rasa percaya diri. Salah satu faktor kurangnya percaya diri pada siswa dapat dikarenakan perubahan yang terjadi pada diri siswa tersebut. Hal tersebut dapat diubah dengan melakukan beberapa tindakan sesuai dengan teknik self management. Beberapa metode yang terdapat pada self management antara lain teknik pemantauan diri (self monitoring) kontrol stimulus (stimulus control) dan penghargaan diri (self reward). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah paket buku self management bagi siswa SMP kelas VIII dengan untuk mengembangkan rasa percaya diri siswa. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket buku yang relevan bagi siswa SMP kelas VIII dan dapat mengetahui tingkat kegunaan ketepatan kelayakan dan kemenarikan dari paket buku self management ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Borg and Gall (1983). Pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner need assessment dan kuesioner ahli. Data analisis dengan teknik deskriptif. Subjek uji coba dalam penelitian ini adala siswa SMP kelas VIII. Analisis penilaian ahli bimbingan dan konseling terhadap paket buku self management ini adalah sangat berguna sangat tepat mudah dan menarik. Penilaian ahli media terhadap paket buku self management ini adalah sangat berguna sangat tepat mudah dan menarik Penilaian calon pengguna produk yakni konselor adalah sangat berguna sangat tepat mudah dan sangat menarik dari segi materi dan isi sedangkan dari segi desain sampul tulisan dan warna adalah sangat berguna tepat sangat mudah dan aspek sangat menarik. Hasil kelompok kecil menunjukkan bahwa paket buku self management sangat berguna sangat tepat sangat mudah dan sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah konselor disekolah lain juga dapat menggunakan materi paket buku self management untuk meningkatkan kepercayan diri siswa SMP dan hendaknya konselor menindaklanjuti hasil evaluasi siswa dengan melakukan bimbingan inidividual atau konseling jika diperlukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item