Pengembangan bahan ajar materi teori asam basa dan pH larutan asam-basa pada mata pelajaran kimia SMA kelas XI semester 2 dengan model pembelajaran learning cycle 5-E / Suryati Mangol - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar materi teori asam basa dan pH larutan asam-basa pada mata pelajaran kimia SMA kelas XI semester 2 dengan model pembelajaran learning cycle 5-E / Suryati Mangol

Mangol, Suryati (2014) Pengembangan bahan ajar materi teori asam basa dan pH larutan asam-basa pada mata pelajaran kimia SMA kelas XI semester 2 dengan model pembelajaran learning cycle 5-E / Suryati Mangol. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mangol Suryati. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Materi Asam Basa dan pH Larutan Asam Basa pada mata pelajaran kimia SMA kelas XI semester I dengan model pembelajaran Lerning Cycle 5- E. Skripsi jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu. Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Suhadi Ibnu M. A. Ph. D (II) Drs. Aman Santoso M. P. d. Kata kunci bahan ajar model Learning Cycle 5-E asam basa dan ph larutan asam basa. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Kualitas pendidikan sangat erat kaitannya dengan proses pelaksanaan pembelajaran yang di pengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas hasil belajar di SMA adalah bahan ajar yang di gunakan terutama dalam pembelajaran kimia. Oleh karena itu penulis mengembangkan bahan ajar kimia pada materi asam basa dan pH larutan asam basa. Bahan ajar yang di gunakan menggunakan model pembelajaran learning Cycle 5-E. Tujuan dari pengembangan adalah memperoleh produk berupa bahan ajar untuk SM dan mengetahui kelayakan bahan ajar yang telah di kembangkan di tinjau dari hasil validasi isi. Penelitian pengembangan ini karena keterbatasan waktu hanya sampai 7 langkah dari 10 langkah desain Borg dan Gall yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan daftar produk (4) uji coba lapangan awal (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Validasi produk dilakukan oleh validator ahli yaitu Dosen kimia. Angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis nilai rata-rata. Produk dari penelitian pengembangan ini adalah (1). Bahan ajar materi asam basa dan pH larutan asam basa menggunakan model Learning Cycle 5-E untuk kelas XI semester 2 yang terdiri dari bagian pendahuluan bagian isi dan bagian penutup. Bagian isi terdiri dari dua kegiatan belajar bagian penutup terdiri dari kesimpulan dan daftar pustaka. (2) Hasil validasi ahli di peroleh nilai rata-rata 3 5 untuk aspek kelayakan isi. Berdasarkan hasil validasi dapat di simpulkan bahwa bahan ajar materi asam basa dan pH larutan asam basa menggunakan metode Learning Cycle 5-E untuk kelas XI semester 2 layak untuk di digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22069

Actions (login required)

View Item View Item