Pengembangan bahan ajar materi hidrilisis garam untuk SMA kelas XI semester II / Rahel Korisan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar materi hidrilisis garam untuk SMA kelas XI semester II / Rahel Korisan

Korisan, Rahel (2014) Pengembangan bahan ajar materi hidrilisis garam untuk SMA kelas XI semester II / Rahel Korisan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Korisan Rahel 2013. Pengembangan Bahan Ajar Hidrolisis Garam Untuk Siswa SMA Kelas XI Semester II . Skripsi jurusan kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Yahmin S. Pd M. Si (II) Dr. H. Yudhi Utomo M.Si. Kata kunci bahan ajar hidrolisis garam Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep hidrolisis garam. Aspek larutan asam basa memiliki beberapa materi pokok salah satunya adalah hidrolisis garam. Karakteristik dari materi hidrolisis garam ini adalah banyak konsep dan hitungan. Karakteristik demikian akan dipermudah mempelajarinya jika tersedia bahan ajar yang memadai. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar dengan materi hidrolisis garam dengan harapan siswa lebih mudah memahani materi ini. Model yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah 4-D model yang terdiri dari Thiagarajan (1974) mendefinisikan (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate). Namun karena keterbatasan peneliti pengembangan bahan ajar ini hanya dibatasi sampai pada tahap ketiga yakni tahap pengembangan (develop). Hasil yang diperoleh berupa bahan ajar materi hidrolisis garam yang terdiri atas uraian materi latihan soal dalam LKS dan kunci jawaban dan latihan soal tersebut. Bahan ajar ini juga disertai silabus yang mengacu pada kurikulum KTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22066

Actions (login required)

View Item View Item