Studi pemahaman konsep tata nama IUPAC senyawa anorganik siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Laily Sa'idatul Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pemahaman konsep tata nama IUPAC senyawa anorganik siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Laily Sa'idatul Faizah

Faizah, Laily Sa'idatul (2013) Studi pemahaman konsep tata nama IUPAC senyawa anorganik siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Laily Sa'idatul Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faizah Laily Sa idatul. 2013. Studi Pemahaman Konsep Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 9 Malang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dermawan Afandy M.Pd. (II) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. Kata kunci pemahaman konsep tata nama IUPAC senyawa anorganik. Konsep merupakan satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang memiliki ciri-ciri yang sama Untuk memahami kimia dengan baik diperlukan pemahaman konsep dasar yang baik pula. Hal ini karena konsep dalam ilmu kimia merupakan konsep-konsep berjenjang dan saling berkaitan. Konsep tata nama IUPAC senyawa anorganik merupakan salah satu konsep dasar yang dipelajari di SMA/MA yang tercakup dalam Standar Kompetensi 2 kelas X semester 1 dan Standar Kompetensi 3 kelas X semester 2. Untuk memahami konsep ini dengan baik harus dikuasai beberapa materi prasyarat dengan baik pula seperti nama dan lambang unsur jenis-jenis unsur muatan ion bilangan oksidasi dan penulisan angka indeks dalam rumus kimia. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan banyak siswa yang masih belum memahami cara memberi nama dan menuliskan rumus kimia suatu senyawa dengan benar. Oleh karena itu dilakukan penelitian di SMA Negeri 9 Malang dengan tujuan untuk mengetahui persentase siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 9 Malang yang memahami konsep (1) tata nama IUPAC senyawa anorganik biner logam dan non-logam (2) tata nama IUPAC senyawa anorganik biner non-logam dan non-logam (3) tata nama IUPAC senyawa anorganik yang mengandung ion poliatom (4) tata nama IUPAC senyawa asam anorganik dan (5) tata nama IUPAC senyawa basa anorganik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-5 yang terdiri dari 38 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 50 butir soal dengan 5 pilihan jawaban dan 10 butir soal uraian. Soal yang digunakan telah divalidasi oleh validator ahli dengan hasil validasi isi sebesar 99% dan diperoleh reliabilitas sebesar 0 916 untuk soal pilihan ganda dan 0 789 untuk soal uraian. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif yang selanjutnya didapatkan persentase pemahaman yang dikategorikan dalam 5 kategori kemudian hasilnya dideskripsikan sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang paham terhadap konsep (1) tata nama IUPAC senyawa anorganik biner logam dan nonlogam sebesar 58 36% termasuk kategori sedang (2) tata nama IUPAC senyawa anorganik biner nonlogam dan nonlogam sebesar 58 68% termasuk kategori sedang (3) tata nama IUPAC senyawa anorganik yang mengandung ion poliatom sebesar 70 97% termasuk kategori tinggi (4) tata nama IUPAC senyawa asam anorganik sebesar 79 98% termasuk kategori tinggi dan (5) tata nama IUPAC senyawa basa anorganik sebesar 75 86% termasuk kategori tinggi. Kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah tidak mengetahui jenis unsur logam dan nonlogam tidak dapat menentukan bilangan oksidasi suatu unsur dan tidak mengetahui cara penulisan angka indeks dalam rumus kimia dengan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22055

Actions (login required)

View Item View Item