Pengaruh pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dalam model Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan kognitif dan minat berwirausaha siswa kelas X SMAN 10 Malang pada materi minyak bumi / Dita Ningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dalam model Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan kognitif dan minat berwirausaha siswa kelas X SMAN 10 Malang pada materi minyak bumi / Dita Ningtias

Ningtias, Dita (2013) Pengaruh pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dalam model Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan kognitif dan minat berwirausaha siswa kelas X SMAN 10 Malang pada materi minyak bumi / Dita Ningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningtias Dita. 2013. Pengaruh Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dalam Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Kognitif dan Minat Berwirausaha Siswa Kelas X SMAN 10 Malang pada Materi Minyak Bumi. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. (2) Dr. Yahmin M.Si. Kata kunci Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dalam Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) kemampuan kognitif minat berwirausaha. 12288 12288 12288 Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa SMA. Berdasarkan data hasil ulangan tengah semester siswa SMAN 10 Malang adalah 61 6. Angka ini kurang dari Standar Ketuntasan Minimal (SKM) di SMAN 10 Malang pada mata pelajaran kimia yaitu 78 0. Rendahnya hasil belajar siswa ini tentunya akan berdampak pada mutu lulusan SMA. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 jumlah pengangguran tertinggi berasal dari lulusan SMA. Berdasarkan data tersebut diperlukan perubahan dalam pendidikan. Pendidikan di sekolah hendaknya tidak hanya mengajarkan teori saja tetapi juga mengajarkan ketrampilan tentang kewirausahaan agar siswa dapat mempersiapkan diri untuk menciptakan lapangan kerja. Untuk meningkatkan hasil belajar dan minat berwirausaha siswa diperlukan inovasi dan kreatifitas guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran kimia. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah pendekatan CEP dalam model STAD. Pendekatan CEP dalam model STAD merupakan gabungan dari model pembelajaran STAD dan pembelajaran pendekatan CEP. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMAN 10 Malang tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas mulai dari X-1 sampai X-7 dengan rata-rata tiap kelas terdiri dari 33 siswa. Penentuan kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak sehingga diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan pendekatan CEP dalam model STAD dan kelas kontrol menggunakan model STAD. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen pembelajaran (silabus RPP) dan instrumen pengukuran (tes hasil belajar angket dan lembar observasi). Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif berupa uji hipotesis (uji t) dengan signifikansi 945 0 05. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for Window. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan CEP dalam model STAD lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model STAD. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan CEP dalam model STAD lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model STAD yaitu 81 6 dan 70 0. Data minat berwirausaha siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan CEP dalam model STAD lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model STAD yaitu 84 7 dan 80 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22053

Actions (login required)

View Item View Item