Pengembangan bahan ajar kimia anorganik berbasis e-learning / Gilang Muhammad Asadullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia anorganik berbasis e-learning / Gilang Muhammad Asadullah

Asadullah, Gilang Muhammad (2013) Pengembangan bahan ajar kimia anorganik berbasis e-learning / Gilang Muhammad Asadullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asadullah Gilang Muhammad. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Anorganik Berbasis E-Learning. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Si (II) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed P.hD Kata Kunci bahan ajar e-leaning kimia anorganik. Kimia anorganik yang disampaikan dalam jenjang perguruan tinggi merupakan salah satu cabang dari ilmu kimia yang luas dan kompleks. Kimia anorganik mempelajari keberadaan senyawa anorganik di alam sifat-sifat senyawa anorganik serta reaksi-reaksi pentingnya. Salah satu bahan ajar yang digunakan mahasiswa jurusan kimia Universitas Negeri Malang sebagai sumber belajar materi kimia anorganik adalah handout yang hanya berisi teks sehingga diperlukan media dalam bentuk visual seperti gambar video dan animasi. Bahan ajar berbasis e-learning adalah salah satu media yang dapat menyampaikan materi ajar dalam bentuk gambar video atau animasi serta memiliki askes yang luas sehingga dapat memperoleh update informasi yang cepat. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan dan mengetahui kelayakan bahan ajar kimia anorganik berbasis e-learning. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model 4-D (four-D models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Penelitian pengembangan ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap define (pendefinisian) tahap design (desain) dan tahap develop (pengembangan). Tahap selanjutnya yaitu disseminate (penyebaran) tidak dilakukan karena penelitian ini hanya melakukan uji validitas produk pengembangan. Uji validitas produk dilakukan melalui pengumpulan data dari validator ahli menggunakan instrumen uji kelayakan desain tampilan dan isi media. Pengolahan data hasil validasi dilakukan dengan cara analisis deskriptif dengan rata-rata skor jawaban pada setiap item dalam instrumen validasi. Produk bahan ajar yang telah dikembangkan berbentuk media website yang dapat diakses menggunakan perangkat komputer dengan jaringan internet melalui alamat http //anorganik.kimia.or.id. Kelebihan bahan ajar yang telah dikembangkan yaitu memiliki gambar video dan animasi yang dapat membantu visualisasi materi kimia anorganik serta link-link yang mengarah ke website atau media lain yang membantu proses pembelajaran. Hasil analisis validasi isi produk diyatakan layak digunakan dan validasi terhadap tampilan produk diyatakan sangat layak dengan hasil analisi masing-masing skor adalah 3 18 dan 3 87 dari skala interval 1-4. Produk yang telah dikembangkan disertai dengan petunjuk dan back up bahan ajar yang dikemas dalam Compact Disk (CD). 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22052

Actions (login required)

View Item View Item