Pengembangan modul strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMP / Izza Nur Imaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMP / Izza Nur Imaroh

Imaroh, Izza Nur (2015) Pengembangan modul strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMP / Izza Nur Imaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imaroh Izza N. 2015. Pengembangan Modul Strategi Self Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Adi Atmoko M.Si. (II) Yuliati Hotifah S.Psi M.Pd. Kata kunci Pengembangan Modul Strategi Self Management Disiplin Belajar Berdasarkan hasil survei awal lapangan di SMPN 15 Malang diketahui sebagian besar siswa kurang disiplin belajar. Hal ini diperkuat dengan adanya pemaparan konselor SMPN 15 Malang yang menyatakan bahwa masalah yang sering terjadi di SMPN 15 malang adalah kurangnya disiplin belajar siswa terutama siswa kelas VIII. Kemudian peneliti melakukan pengukuran tingkat disiplin belajar terhadap siswa kelas VIII secara acak yaitu pada siswa Kelas VIII D G H yang berjumlah 97 siswa. Pengukuran tingkat disiplin belajar siswa tersebut diketahui siswa yang mempunyai disiplin belajar rendah sebanyak 48 siswa (49 5%) siswa yang mempunyai disiplin belajar sedang sebanyak 47 siswa (48 4%) dan siswa yang mempunyai tingkat disiplin belajar tinggi hanya sebanyak 2 siswa (2 1%). Salah satu strategi yang tepat untuk meningkatkan disiplin belajar adalah strategi self management. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media layanan bimbingan dan konseling berupa modul yang dapat membantu siswa meningkatkan disiplin belajar yang sudah teruji secara teoritis maupun praktis. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian yang diadaptasi dari Borg and Gall (1983). Produk yang dihasilkan berupa modul strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMP yang terdiri dari dua komponen yaitu 1) modul strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar bagi siswa dan 2) panduan penggunaan modul bagi konselor. Produk yang dihasilkan tersebut sudah melalui uji ahli materi BK uji ahli media dan uji calon pengguna (konselor dan siswa). Hasil penilaian ahli dan calon pengguna tersebut menyatakan produk sudah memenuhi kriteria kelayakan ketepatan kegunaan kemenarikan dan kemudahan. Selanjutnya uji efektifitas produk melalui uji lapangan dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon hasil analisis menunjukkan nilai Z hitung lebih besar dari Z tabel (2 825 1 96) dan taraf signifikansi 0 005

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item