Pengaruh penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI IPA MAN Malang I tahun ajaran 2012/2013 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Nilla Oktavia Ekasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI IPA MAN Malang I tahun ajaran 2012/2013 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Nilla Oktavia Ekasari

Ekasari, Nilla Oktavia (2013) Pengaruh penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI IPA MAN Malang I tahun ajaran 2012/2013 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Nilla Oktavia Ekasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekasari Nilla Oktavia. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Kelas XI IPA MAN Malang I pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Habiddin S.Pd. M.Pd. Kata kunci Inkuiri terbimbing hasil belajar motivasi kelarutan dan hasil kali kelarutan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa MAN Malang I masih menggunakan metode tradisional dalam pembelajaran kimia. Metode ini berpusat pada pengajar (teacher centered instruction) sehingga siswa menjadi pasif kurang berminat dan merasa bosan sehingga sulit memahami materi. Oleh karena itu pembelajaran yang berpusat pada siswa student centered instruction) sangat diperlukan. Salah satu metode pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered instruction) adalah metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode pembelajaran inkuiri terbimbing menekankan penemuan konsep dalam memberikan pengalaman belajar kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI IPA MAN Malang I pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN Malang I. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang diambil dengan cara acak melalui undian. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 25 butir soal dan angket motivasi belajar yang terdiri dari 35 butir pernyataan. Analisis data hasil belajar dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Analisis motivasi belajar dan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan metode ceramah dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode tradisional. Rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing (x 72 83) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode tradisional (x 67 74). Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan metode tradisional. Proses pembelajaran dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terlaksana dengan baik dengan persentase sebesar 82 15% sedangkan proses pembelajaran dengan metode tradisional terlaksana dengan sangat baik dengan persentase sebesar 91 1%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22049

Actions (login required)

View Item View Item