Pengembangan multimedia pembelajaran praktikum titrasi asam basa / Urwatil Wutsqo Amry

Amry, Urwatil Wutsqo (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran praktikum titrasi asam basa / Urwatil Wutsqo Amry. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amry, Urwatil Wutsqo. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktikum Titrasi Asam Basa. Skripsi, Jurusan kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil, M.Si. (II) Dr. Yudhi Utomo, M.Si. Kata Kunci: Multimedia, Praktikum, Titrasi     Salah satu karakteristik penting dari pembelajaran kimia adalah adanya gabungan antara konsep makroskopik dan mikroskopik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gabungan kedua konsep tersebut merupakan sumber kesulitan bagi banyak peserta didik untuk mempelajari kimia. Praktikum titrasi asam basa termasuk materi yang kompleks, karena terdapat materi yang bersifat abstrak salah satunya ialah reaksi mikroskopik tercapainya titik ekivalen (TE). Praktikum memiliki kelemahan yaitu peserta didik tidak dapat mencoba-coba terlebih dahulu namun harus mengikuti alur prosedur yang ada dan kegiatan praktikum tidak dapat menggambarkan reaksi mikroskopik yang terjadi. Materi titrasi asam basa yang kompleks tentang gambaran mikroskopik tidak dapat dijelaskan melalui kegiatan praktikum, untuk itu dibutuhkan suatu alat bantu belajar. Salah satu alternatif alat bantu belajar adalah multimedia pembelajaran praktikum berupa simulator praktikum. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran kimia praktikum titrasi asam basa yang layak sebagai multimedia pembelajaran untuk mempermudah mempelajari materi praktikum titrasi asam basa.      Metode pengembangan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun tahap disseminate tidak dilakukan. Validasi yang dilakukan adalah validasi media dan uji terbatas untuk menjelaskan kelayakan dari produk yang dihasilkan. Pelaksanaan validasi media dilakukan dua tahap, yaitu tahap pertama validasi desain dengan validator ahli media dari dosen jurusan TEP FIP dan tahap kedua validasi materi dengan satu dosen kimia UM dan satu guru SMA Negeri 9 Malang. Pelaksanaan uji terbatas melibatkan 10 siswa SMA kelas XI-IPA di SMA Negeri 9 Malang. Kriteria persentase rata-rata kelayakan hasil validasi media dan uji terbatas untuk tiap item pada angket dengan skala 1,00-4,00, yaitu 76-100 % untuk kriteria valid dan tidak perlu revisi, 56-75% untuk kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi, 40-55% untuk kriteria kurang valid dan perlu dilakukan revisi, dan 0-39% untuk kriteria tidak layak dan revisi total. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakterisitik yaitu: (1) terdapat kegiatan identifikasi alat-alat praktikum dan animasi reaksi mikroskopis tercapainya titik ekivalen, (2) terdapat simulasi praktikum dengan variasi titrasi asam basa dan variasi indikator dilengkapi dengan animasi kurva titrasi asam basa, (3) terdapat video untuk menjelaskan perubahan pH saat titrasi asam basa berlangsung, dan (4) terdapat latihan soal interaktif dan evaluasi sebagai feedback setelah mempelajari multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan tidak perlu revisi. Hasil validasi media dengan persentase rata-rata skoring sebesar 96,7 % untuk validasi desain media dan persentase rata-rata skoring sebesar 90.1% untuk validasi materi. Uji terbatas memperoleh persentase rata-rata skoring sebesar 94.3% yang memenuhi kategori valid dan tidak perlu revisi. Oleh karena itu tidak perlu dilakukan revisi pada multimedia pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22034

Actions (login required)

View Item View Item