Pengembangan modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) untuk SMK / Rizky Kadhafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) untuk SMK / Rizky Kadhafi

Kadhafi, Rizky (2013) Pengembangan modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) untuk SMK / Rizky Kadhafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kadhafi Rizky. 2013. Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk SMK. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S (II) Drs. Dermawan Afandy M.Pd. Kata Kunci Modul Kesetimbangan Kimia Inkuiri Terbimbing SMK Bahan ajar merupakan bagian yang penting dalam suatu kegiatan pembelajaran. Namun problematika yang ditemukan di SMK adalah belum tercukupinya bahan ajar yang dapat memenuhi standar kompetensi lulusan baik secara kuantitatif kualitatif maupun relevansi (Depdiknas 2007 12). Hal ini juga terjadi di SMKN Y Malang pada mata pelajaran kimia. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru kimia di SMKN Y Malang didapatkan bahwa bahan ajar yang dimiliki sangat minim sekali dan minat siswa untuk memiliki buku teks sangat rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dikembangkan suatu modul yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran kimia. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam bentuk modul adalah inkuiri terbimbing. Pembelajaran berbasis inkuiri mengharuskan siswa mengkonstruksi sendiri konsep-konsep yang akan dipelajari sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Adapun tujuan dari pengembangan ini adalah (1) menghasilkan modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing untuk SMK kelas XI semester 1 dan (2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi. Model pengembangan modul ini adalah 4-D Model yang terdiri atas empat tahap utama yaitu define (pembatasan) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun pada pengembangan modul ini hanya dilakukan sampai pada tahap ketiga yaitu develop (pengembangan). Desain validasi terdiri dari validasi isi dan uji coba terbatas pada siswa. Validasi isi berfungsi untuk mengetahui tingkat kelayakan isi penyajian tata letak dan tata bahasa dari modul yang dilakukan dengan memberikan angket pada validator yang terdiri dari dosen kimia Universitas Negeri Malang dan guru kimia SMK. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa sebagai pengguna modul untuk mengetahui tingkat keterbacaan modul. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif berdasarkan angket penilaian dan data kualitatif melalui komentar saran dan kritik dari validator. Analisis data menggunakan teknik persentase. Persentase hasil validasi isi modul sebesar 87 22% dengan kriteria sangat layak dan persentase uji coba terbatas pada siswa sebesar 84 56% dengan kriteria layak . Keseluruhan modul ini terdiri dari bagian pendahuluan isi dan penutup yang mencakup empat sub materi yaitu (1) konsep kesetimbangan dinamis (2) tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) (3) faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi dan (4) penerapan kesetimbangan kimia. Setiap sub materi disajikan sesuai dengan tahapan pada pembelajaran inkuiri terbimbing. Beberapa bagian pada modul ini mengalami revisi sesuai dengan komentar saran dan kritik dari validator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22033

Actions (login required)

View Item View Item