Identifikasi tingkat, jenis, dan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa MA Negeri Wlingi dalam memahami materi indikator dan pH larutan asam-basa / Muhammad Lukman Buchori - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi tingkat, jenis, dan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa MA Negeri Wlingi dalam memahami materi indikator dan pH larutan asam-basa / Muhammad Lukman Buchori

Buchori, Muhammad Lukman (2013) Identifikasi tingkat, jenis, dan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa MA Negeri Wlingi dalam memahami materi indikator dan pH larutan asam-basa / Muhammad Lukman Buchori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci tingkat kesulitan jenis kesulitan faktor-faktor penyebab kesulitan indikator larutan asam-basa pH larutan asam-basa. Berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran kimia MA Negeri Wlingi siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi asam-basa khususnya pada materi indikator asam-basa dan perhitungan pH. Kesulitan ini ditandai dengan lamanya waktu yang dibutuhkan siswa dalam memahami materi indikator larutan asam-basa dan pH larutan asam-basa saat dijelaskan oleh guru. Selain itu pada pengerjaan soal ulangan harian yang diberikan kebanyakan siswa mengalami kesalahan pada soal indikator asam basa dan perhitungan pH larutan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kesulitan yang dialami siswa kelas XI IPA MA Negeri Wlingi dalam memahami materi indikator asam-basa (2)tingkat kesulitan yang dialami siswa dalammemahami materi pH larutan asam-basa (3) jenis kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi indikator larutan asam-basa dan pH larutan asam-basa serta (4) faktor-faktor penyebab kesulitan siswa kelas XIIPA MA Negeri Wlingi dalam memahami materi indikator larutan asam-basa dan pH larutan asam-basa. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Negeri Wlingi tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 103 siswa. Instrumen penelitian ada 2 jenis yaitu tes pilihan ganda beralasan dan angket. Tes pilihan ganda beralasan berjumlah 24 butir soal yang telah validasi dengan reliabilitas (r11) 0 74. Tes pilihan ganda beralasan digunakan untuk mengetahui tingkat dan jenis kesulitan siswa dalam memahami materi indikator larutan asam-basa dan pH larutan asam-basa sedangkan angket yang terdiri dari 12 butir pertanyaan digunakan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi indikator larutan asam-basa dan pH larutan asam-basa. Data dianalisis secara deskriptif melalui penghitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi indikator larutan asam-basa tergolong cukup tinggi (49 3%). (2) Tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi pH larutan asam-basa tergolong cukup tinggi (49 0%). (3) Jenis kesulitan siswa dalam memahami materi indikator larutan asam-basa dan pH larutan asam-basa adalah (a) dalam memahami istilah tergolong rendah (39 8%) (b) dalam memahami konsep tergolong cukup tinggi (56 0%) (c) dalam memahami hitungan (algoritmik) tergolong cukup tinggi (50 1%). (4) Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi indikator larutan asam-basa dan pH larutan asam-basa adalah (a) faktor yang bersumber dari diri siswa yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam menentukan dan mengaplikasikan rumus yang akan digunakan dalam suatu soal (49 4%) kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan mengerjakan soal bertingkat (77 8%) serta kurangnya tingkat ketelitian siswa dalam mengerjakan suatu soal (45 7%) (b) faktor yang bersumber dari luar diri siswa adalah tidak adanya teman diskusi untuk membahas tentang materi indikator larutan asam-basa dan pH larutan asam-basa (58 0%). 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22031

Actions (login required)

View Item View Item