Studi evaluasi pemahaman konsep persamaan dan stoikiometri reaksi kimia menggunakan tes objektif beralasan pada siswa MAN Malang II Batu / Diah Achirul Muslimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi evaluasi pemahaman konsep persamaan dan stoikiometri reaksi kimia menggunakan tes objektif beralasan pada siswa MAN Malang II Batu / Diah Achirul Muslimah

Muslimah, Diah Achirul (2013) Studi evaluasi pemahaman konsep persamaan dan stoikiometri reaksi kimia menggunakan tes objektif beralasan pada siswa MAN Malang II Batu / Diah Achirul Muslimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahaman konsep persamaan reaksi stoikiomteri reaksi tes objektif beralasan Pemahaman terhadap suatu konsep dalam materi kimia dan hubungan antar konsep dengan benar merupakan hal yang sangat penting. Pemahaman konsep yang benar merupakan landasan untuk memahami konsep selanjutnya. Pemahaman yang salah terhadap suatu konsep akan menyebabkan kesulitan dalam mempelajari konsep yang lainnya. Persamaan dan stoikiometri reaksi kimia merupakan konsep dasar yang harus dipelajari siswa untuk memahami materi selanjutnya Banyak cara yang telah digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa salah satunya adalah dengan menggunakan instrumen soal objektif beralasan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep tentang materi persamaan dan stoikiometri reaksi kimia pada siswa MAN Malang II Batu. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif deskriptif.Populasidalam penelitian adalah siswa kelas X MAN Malang II Batu yang terdiri dari 10 kelas. Sampel sebanyak 3 kelas yaitu kelas X-1 X-9 dan X-10 diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu dengan cara acak kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif beralasan berjumlah 25 butir soal dengan 5 alternatif jawaban disertai 5 alternatif alasan pemilihan jawaban. Instrumen tergolong valid dengan reliabilitas 0 706. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase yang kemudian dikualifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian kecil siswa (23 4%) memahami konsep penyetaraan persamaan reaksi dan (2) sebagian kecil siswa (15 6%) memahami konsep penentuan simbol fasa dalam persamaan reaksi (3) hampir separuh siswa (42 5%) memahami definisi mol (4) sebagian besar siswa (66 1%) memahami konversi mol (5) hampir separuh dari jumlah siswa (44 1%) memahami konsep rumus empiris (6) hampir separuh dari jumlah siswa (40 6%) memahami rumus molekul (7) hampir sebagian besar siswa (60 4%) memahami konsep penentuan massa atom relatif dan massa molekul relatif (8) hampir separuh siswa (41 3%) memahami konsep pereaksi pembatas (9) sebagian kecil siswa (5 2%) memahami konsep senyawa hidrat (10) sebagian besar siswa (54 2%) memahami konsep kadar suatu senyawa dalam zat dan (11) hampir separuh siswa (31 2%) memahami hukum gas ideal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22030

Actions (login required)

View Item View Item