Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit kelas X SMA Negeri 2 Malang / Hidya Septina Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit kelas X SMA Negeri 2 Malang / Hidya Septina Rahayu

Rahayu, Hidya Septina (2013) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit kelas X SMA Negeri 2 Malang / Hidya Septina Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci inkuiri terbimbing hasil belajar larutan elektrolit dan larutan non elektrolit Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing merupakan model pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar berpikir ilmiah pada diri siswa. Selama proses pembelajaran siswa lebih banyak belajar sendiri dan mengembangkan kreativitasnya dalam memecahkan masalah. Guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ceramah-praktikum dan bagaimanakah hasil belajar afektif serta psikomotorik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan model pembelajaran ceramah-praktikum. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu dan rancangan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-IPA SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2012/2013. Ada dua kelas yang digunakan untuk penelitian ini. Kelas X-A1 sebagai kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelas X-A2 sebagai kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran ceramah-praktikum. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data hasil belajar kognitif berupa soal tes pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban yang memiliki validitas butir soal antara 0 520-0 629 tingkat kesukaran butir soal antara 0 572-0 886 daya beda butir soal antara 0 235-0 471 dan reliabilitasnya sebesar 0 924. Untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa digunakan lembar observasi. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 945 0 05 menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (dengan skor rata-rata 90 14) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ceramah-praktikum (dengan skor rata-rata 88 47). Hasil belajar afektif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (skor rata-ratanya 74 53) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ceramah-praktikum (skor rata-ratanya 65 34). Hasil belajar psikomotorik siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (skor rata-rata 74 80) lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ceramah-praktikum (skor rata-rata 68 33).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22024

Actions (login required)

View Item View Item