Analisis langkah-langkah penyelesaian soal stoikiometri siswa SMA kelas X SMAN 5 Malang / Nike Indriyani Hasim - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis langkah-langkah penyelesaian soal stoikiometri siswa SMA kelas X SMAN 5 Malang / Nike Indriyani Hasim

Hasim, Nike Indriyani (2013) Analisis langkah-langkah penyelesaian soal stoikiometri siswa SMA kelas X SMAN 5 Malang / Nike Indriyani Hasim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci langkah-langkah penyelesaian soal kimia penyelesaian soal stoikiometri Pada umumnya pembelajaran materi stoikiometri lebih ditekankan pada konsep algoritmik. Seolah ada asumsi bahwa siswa yang dapat mengerjakan soal-soal algoritmik dengan baik berarti siswa dapat memahami konsep-konsep kimia terkait. Oleh karena itu perlu dianalisis langkah-langkah penyelesaian soal algoritmik pada materi stoikiometri supaya dapat diketahui konsep-konsep kimia yang belum dipahami oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penguasaan langkah-langkah penyelesaian soal pada pokok bahasan stoikiometri siswa kelas X SMAN 5 Malang (2) tingkat penguasaan masing-masing langkah penyelesaian soal pokok bahasan stoikiometri siswa kelas X SMAN 5 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan menggunakan sampel siswa kelas X SMAN 5 Malang yaitu kelas X-2 dan X-7 yang berjumlah 56 orang diambil dengan cara cluster random sampling. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah tes yang berupa soal uraian berjumlah 10 soal yang valid dengan validitas isi termasuk tinggi (71 7%) dan rata-rata indeks validitas butir soal adalah tergolong tinggi (0 76). Reliabilitas butir soal tergolong sangat tinggi ( 945 0 91). Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif melalui perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan langkah-langkah penyelesaian soal pada setiap sub pokok bahasan stoikiometri adalah sebagai berikut konsep mol tergolong tinggi (77 2%) massa atom relatif dan massa molekul relatif tergolong rendah (50 9%) volume molar zat tergolong sangat rendah (31 2%) rumus empiris dan rumus molekul tergolong sangat rendah (29 1%) kadar unsur penyusun senyawa tergolong rendah (44 9%) pereaksi pembatas tergolong sangat rendah (12 5%) dan kuantitas pereaksi dan hasil reaksi tergolong sangat rendah (8 9%) (2) tingkat penguasaan masing-masing langkah penyelesaian soal pokok bahasan stoikiometri yang dikuasai oleh sebagian besar siswa adalah menghitung massa berdasarkan jumlah mol dan Ar/Mr dengan persentase 71 4% dan menghitung jumlah mol gas (0 8304 C 1 atm) dengan persentase 62 5%. Tiga belas langkah pengerjaan lainnya dapat dikuasai cukup banyak siswa langkah-langkah tersebut adalah menuliskan simbol unsur (25 0%) menuliskan simbol senyawa (39 8%) menghitung massa molekul relatif (Mr) berdasarkan jumlah massa atom relatif (Ar) dengan persentase 39 6% menghitung Ar/Mr berdasarkan massa dan jumlah mol (48 2%) menghitung massa berdasarkan perbandingan Ar/Mr (46 4%) menghitung kadar masing-masing unsur berdasarkan perbandingan Ar dengan Mr dalam suatu senyawa (41 1%) menentukan perbandingan jumlah mol atom (42 0%) menghitung perbandingan volum gas ideal jumlah mol tetap berdasarkan persamaan gas (38 2%) menentukan rumus empiris senyawa (38 4%) menentukan rumus molekul senyawa (32 2%) menuliskan persamaan reaksi (12 5%) menuliskan penyetaraan persamaan reaksi (11 3%) dan menghitung jumlah mol atom berdasarkan massa zat dan Ar/Mr (14 3%). Sedangkan enam langkah pengerjaan lainnya hanya dikuasai sebagian kecil siswa dengan persentase kurang dari 10% enam langkah yang dimaksud yaitu menentukan massa reaktan yang bersisa / yang bereaksi (4 5%) menghitung jumlah mol yang bereaksi (6 3%) menghitung jumlah mol yang bersisa (6 3%) menentukan pereaksi pembatas (6 3%) menentukan perbandingan jumlah mol hasil reaksi berdasarkan perbandingan volume (7 1%) dan menghitung jumlah mol mula-mula (9 1%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22022

Actions (login required)

View Item View Item