Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 fase berbantuan media berbasis audio visual terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang pada materi larutan penyangga / Al Khiromatul Munifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 fase berbantuan media berbasis audio visual terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang pada materi larutan penyangga / Al Khiromatul Munifah

Munifah, Al Khiromatul (2013) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 fase berbantuan media berbasis audio visual terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang pada materi larutan penyangga / Al Khiromatul Munifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Learning Cycle 5 fase media berbasis audio visual hasil belajar motivasi larutan penyangga. Salah satu dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang harus diperhatikan oleh guru adalah semakin beragamnya sumber dan media pembelajaran. Keberadaan media pembelajaran harus diperhatikan oleh guru untuk membantu memusatkan perhatian siswa pada pelajaran dan meningkatkan efisiensi belajar mengajar. Selain itu juga adanya paradigma pembelajaran konstruktivisme menyebabkan proses pembelajaran harus berpusat pada siswa. Model pembelajaran yang berorientasi pada paradigma konstruktivisme adalah model Learning Cycle 5 fase. Materi larutan penyangga adalah salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa karena banyak konsep abstrak. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase diharapkan dapat mempermudah siswa untuk memahami materi ini dan membangkitkan motivasi siswa untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 7 Malang. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang diambil dengan cara acak melalui undian. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 25 butir soal dan angket motivasi belajar yang terdiri dari 35 butir pernyataan. Analisis data hasil belajar dilakukan menggunakan uji-U Mann Whitney dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows . Analisis motivasi belajar dan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model Learning Cycle 5 fase tanpa dan dengan bantuan media berbasis audio visual dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase berbantuan media berbasis audio visual dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase tanpa bantuan media berbasis audio visual. Rata-rata hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase berbantuan media berbasis audio visual (x 74 32) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase tanpa bantuan media berbasis audio visual(x 68 23). Proses pembelajaran dengan model Learning Cycle 5 fase tanpa dan dengan bantuan media berbasis audio visual telah terlaksana dengan sangat baik dengan persentase sebesar 93 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22021

Actions (login required)

View Item View Item