Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas X semester 2 berbasis learning cycle 5e / Eko Budi Prasetyo Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas X semester 2 berbasis learning cycle 5e / Eko Budi Prasetyo Nugroho

Nugroho, Eko Budi Prasetyo (2013) Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas X semester 2 berbasis learning cycle 5e / Eko Budi Prasetyo Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugroho Eko Budi Prasetyo.2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbasis Learning Cycle 5E.Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S (2) Dedek Sukarianingsing M.Pd M.Si. Kata Kunci buku petunjuk praktikum kimia pembelajaran konstruktivistik Learning Cycle 5E Ilmu kimia merupakan ilmu pengetahuan yang berlandaskan pada percobaan yang lahir dan berkembang atas percobaan-percobaan di laboratoriun. Peralihan paradigma pembelajaran dari behavioristik menjadi konstruktivistik menuntut siswa untuk dapat menkonstruk pengetahuannya secara mandiri. Petunjuk praktikum kimia yang ada saat ini umumnya mirip dengan resep masakan. Praktikum yang dilakukan bersifat memverifikasi konsep-konsep yang telah diberikan di kelas. Siswa hanya melakukan langkah-langkah yang disediakan dalam petunjuk sehingga terkesan pasif. Selain itu petunjuk praktikum yang digunakan masih dalam bentuk lembaran kertas dan tidak dibukukan dengan baik. Buku petunjuk praktikum yang dapat membantu mengkonstruk pengetahuan siswa diperlukan sebagai bahan ajar yang sesuai dengan proses pembelajaran yang bersifat konstruktifistik. Model pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan salah satu metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivisme. Proses pembelajaran menggunakan metode Learning Cycle 5E memiliki 5 tahapan pembelajaran yang dapat membatu mengkonstruk pemahaman kognitif siswa. Penelitian ini adalah penetilian pengembangan dengan mengadaptasi pengembangan proses pembelajaran menurut Dick dan Carey.Produk hasil pengembangan yang diharapkan berupa buku petunjuk praktikum yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Kelayakan produk hasil pengembangan di uji dengan uji validitas isi dan uji kelompok kecil. Uji validitas isi produk yang dihasilkan dilakukan dengan pengisian angket penilaian oleh validator yang terdiri dari 1 orang dosen dan 2 orang guru SMA/MA. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif hasil validasi dari validator dianalisis menggunakan teknik penghitungan rata-rata. Data kualitatif dari validator digunakan sebagai masukan untuk melakukan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata uji validasi terhadap buku petunjuk praktikum yang dihasilkan adalah sebesar 3 41 dengan kriteria valid. Hasil validasi terhadap komponen-komponen dalam metode pembelajaran Learning Cycle 5E adalah sebesar 3 6 dengan kriteria valid. Nilai rata-rata uji keterbacaan terbatas terhadap produk yang dihasilkan adalah sebesar 3 12. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran praktikum kimia di laboratorium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22014

Actions (login required)

View Item View Item